3 Cara Menambah RAM Di Laptop Dengan OS Windows “100% WORK”

Posted on





Cara menambah RAM laptop – disamping prosesor, komponen yang bisa berpengaruh terhadap performa komputer ialah RAM. Komponen tersebut berguna sebagai media penyimpanan sementara saat komputer sedang digunakan. Sehingga, jika kapasitas RAM nya kecil, Anda pun hanya bisa membuka sejumlah aplikasi pada satu waktu. Karena jika memasakan membuka banyak aplikasi akan mengakibatkan kinerja komputer semakin lambat bahkan terjadi hang. Itulah sebabnya anda harus tahu tentang cara menambah RAM laptop.

Cara Menambah RAM Di Laptop dan PC Dengan OS Windows

Komputer yang memiliki kapasitas RAM kecil juga tidak bisa digunakan menginstall aplikasi ataupun game tertentu. Apalagi game terbaru sekarang ini biasanya memerlukan kapasitas RAM yang tinggi contohnya game GTA V, dan The SIMS 4. Tak hanya itu saja, aplikasi grafis seperti Photoshop maupun CorelDraw juga membutuhkan kapasitas RAM cukup besar untuk menggunakannya.

Untuk menambah kapasitas RAM pada PC sangatlah gampang karena anda hanya perlu membuka casing kemudian menambah ataupun menggantinya saja. Tapi bagaimana cara menambah RAM pada laptop? Untuk melakukannya anda harus membongkarnya terlebih dahulu. Bila hal tersebut tak anda lakukan, maka solusinya ialah menambah virtual memory pada Windows.

1. Cara Menambah RAM Fisik

Supaya kinerja laptop lebih maksimal, anda bisa menambah kapasitas RAM laptop anda. Namun kita tak dapat sembarangan menambah RAM laptop tersebut karena terdapat beberapa syarat yang perlu dipenuhi, diantaranya:

Slot RAM tidak disolder permanen

Syarat paling mutlak harus dipenuhi adalah slot RAM nya tak di solder. Karena biasanya beberapa produsen laptop telah mensolder RAM dengan permanen pada motherboard dengan begitu tak bisa ganti. Ini kelihatannya berhubungan dengan sistem marketing supaya kita membeli tipe laptop yang harganya lebih mahal bila ingin kapasitas RAM yang ukurannya lebih besar.

Bila slot RAM pada laptop punya anda disolder secara permanen, secara otomatis Anda tak akan bisa menambah ataupun menggantinya. Tapi bila ada dua slot kemudian hanya satu slot yang disolder, Anda bisa menambah RAM pada slot yang tak disolder tadi.

Baca Juga :   Penyebab dan Cara Mengatasi Bootloop Android "100 % WORK"

Ada Slot Yang Kosong

Beberapa jenis laptop sekarang telah dibekali dua slot RAM, yang mana salah satunya masih kosong. Sehingga, Anda bisa mengisi slot yang masih kosong tersebut untuk RAM tambahannya. Tapi bila laptop tersebut Cuma menyediakan satu slot saja ataupun dua-duanya telah terisi, Anda dapat mengganti RAM itu dengan yang baru.

Cek kompatibilitas laptop

Masing masing laptop akan memberi informasi terkait seberapa besar kapasitas RAM maksimal bisa dipasang pada laptop tersebut. Hal ini penting sekali supaya pengguna tak memasang kapasitas RAM yang berlebih. Contohnya saja jika laptop hanya mampu menampung kapasitas RAM 8 GB, anda pun tak bisa menambah kapasitas RAM yang melebihi patokan maksimal tersebut.

Tentukan Ukurannya

Berikutnya anda harus tentukan ukuran RAM yang akan anda gunakan. Jika sekarang ini slot RAM yang satu terisi kapasitas RAM 4 GB, anda bisa isi slot satunya dengan ukuran sama yakni 4 GB. Meskipun sebenarnya anda juga bisa mengisinya dengan kapasitas RAM 1 GB atau 2 GB, namun hal tersebut tak akan memaksimalkan performa laptop Anda.

Tentukan Jenisnya

Ada beberapa jenis RAM bisa anda gunakan untuk komputer atau laptop anda. contohnya saja DDR2, DDR4, DDR3, maupun semacamnya. Anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis RAM untuk laptop anda supaya nanti tidak salah ketika membelinya. Karena setiap jenis RAM punya pin yang beda, dan hanya dapat digunakan untuk slot yang sesuai saja.

Tentukan Transfer Rate-Nya

Bukan hanya jenisnya yang beda, RAM juga mempunyai transfer rate yang tak sama. Transfer rate tersebut umumnya ditulis dengan kode PC 5600, PC 12800, dan PC 10600, atau lainnya. Semakin besar nominalnya, semakin cepat juga kapasitas RAM itu saat digunakan.

Dengan begitu, bila laptop Anda mempunyai dua slot RAM, maka Anda bisa membeli RAM tambahan pada kecepatan transfer rate serupa. Bila kecepatannya beda, biasanya sistem akan menyesuaikan pada kecepatan transfer rate kapasitas RAM yang terendah. Sehingga performa laptop Anda justru menjadi lebih lambat ataupun bahkan bisa bermasalah.

Pilih Merek Yang Sejenis

Meskipun bukan suatu keharusan, tapi sebaiknya hal ini diperhatikan. Bila slot satu terisi RAM tipe A, sebaiknya isi slot satunya dengan merek serta tipe yang sama. Sebab masing masing merk dan tipe mempunyai kualitas tak sama. Namun jika tidak, Anda pun dapat mengganti keduanya dengan sekaligus menggunakan satu merek yang sejenis.
Setelah semua syarat diatas bisa anda penuhi, Anda bisa langsung membeli kemudian memasang RAM tersebut. Bila hal tersebut tak bisa dilakukan sendiri, maka bawa saja ke servis laptop.

Baca Juga :   10 Game Rias Pengantin Terbaik di Android

2. Cara Menambah RAM di PC/Laptop dengan Virtual Memory

Namun bila Anda tak mau menambah kapasitas RAM menggunakan cara fisik, anda bisa mengakali keterbatasan RAM tersebut menggunakan cara menambah virtual memory. Yang dimaksud virtual memory adalah memori ‘pinjaman’ hard disk yang akan membantu kinerja RAM. Tetapi, virtual memori tersebut akan secara otomatis bisa mengurangi kapasitas dari hard disk. Langkah-langkahnya seperti dibawah ini:

  • Bukalah Windows Explorer.
  • Kemudian klik kanan di opsi My Computer, kemudian pilih saja Properties.
  • Pilihlah perintah Advanced system settings di kolom bagian kiri.
  • Beralih pada tab Advanced, kemudian klik Settings di bawah Performances.
  • Lanjut pada tab Advanced anda bisa melakukan klik pada opsi Change yang berada di bawah Virtual Memory.
  • Lalu hilangkan centang di pilihan “Automatically_manage_paging_file_size for all drivers”.
  • Kemudian pilih partisi untuk virtual memory yang mau dipakai.
  • Masukanlah jumlah virtual memory tersebut yang mau digunakan, misalnya 4000 MB pada Initial size kemudian 8000 MB pada Maximum size nya.
  • Berikutnya anda harus klik tombol OK kemudian restart laptop.

3. Cara Menambah RAM di Laptop/PC Menggunakan ReadyBoost

Anda bisa juga menggunakan cara terakhir untuk meningkatkan kapasitas RAM. Yakni dengan fitur ReadyBoost. Bila virtual memory diatas meminjam kapasitas dari hard disk, untuk ReadyBoost ini nantinya akan meminjamkan kapasitas dari flashdisk, kemudian SD card, maupun memori eksternal lainnya. Langkah-langkahnya bisa anda simak seperti dibawah ini:

  • Langkah pertama hubungkan perangkat USB flash disk pada laptop.
  • Saat muncul AutoPlay, maka anda bisa memilih Speed up my system.
  • Bila AutoPlay tak muncul, maka bisa melakukan klik kanan di flash disk tersebut, kemudian pilih Properties. Jika jendela Properties sudah terbuka, maka beralih pada tab ReadyBoost.
  • Bila Anda mau menggunakan seluruh kapasitas flash disk guna aplikasi ReadyBoost, maka silahkan saja pilih perintah “Dedicate this device to ReadyBoost”.
  • Bila Anda hanya menggunakan sebagian saja, maka pilih saja “Use this device” dan masukkan kapasitas yang mau digunakan.
  • Jika selesai, lakukan klik OK.

Itulah pembahasan mengenai cara menambah RAM laptop yang bisa dilakukan dengan mudah. Selamat mencoba.



3 Cara Menambah RAM Di Laptop Dengan OS Windows “100% WORK”
5 (100%) 1 vote