8 Kelebihan dan Kekurangan HP Samsung Galaxy A8 Star

Posted on





Kelebihan dan Kekurangan HP Samsung Galaxy A8 Star memang perlu diketahui. Samsung Galaxy A8 Star merupakan HP dari Samsung yang ada di jajaran kelas menengah. HP seri A biasanya memang ada di kelas menengah. Khususnya untuk Samsung Galaxy A8 Star ini, berada di barisan keluarga A8, yang merupakan saudara Samsung Galaxy A8 (2018) dengan Samsung Galaxy A8+.

Kelebihan dan Kekurangan HP Samsung Galaxy A8

Dikarenakan masih di jajaran seri A8, maka bisa dipastikan jika Samsung Galaxy A8 Star dibekali dengan spesifikasi lebih tinggi dibandingkan smartphone Samsung Galaxy A6. Namun HP ini justru punya spesifikasi lebih mendekati ponsel tipe flagship Samsung daripada seri A8 lainnya.

Beberapa fitur HP kelas atas, diantaranya berbahan dasar metal dan kaca, adanya fitur NFC, dan juga kamera lebih baik. Jika anda ingin tahu secara detail mengenai kelebihan dan kekurangannya? Simak ulasannya dibawah ini.

Kelebihan Samsung Galaxy A8 Star

1. Layar Infinity Display

Kelebihan yang pertama adalah mempunyai layar Super AMOLED. Resolusi layarnya berukuran 6,3 inci dan sudah full HD+. Layar yang mantap juga didukung oleh feel layar HP mirip sekali dengan ponsel Galaxy Note 8 berdimensi layar serupa.

Layar ponselnya juga mampu menampilkan visual berwarna hitam pekat, disertai warna yang sangat cerah, dan mempunyai sudut pandang lebih baik. Rasanya tak perlu diragukan untuk tampilan layar HP Samsung ini karena telah mengusung konsep tipe Infinity display Super AMOLED.

2. Kualitas Kamera

Smartphone Samsung Galaxy A8 Star juga hadir dengan spesifikasi kamera ganda pada bagian belakangnya, yaitu 24 MP, yang didukung oleh f/1.7 + dan beresolusi 16 MP, dan dukungan f/1.7. Fungsi kamera ganda tersebut juga beda dengan 2 kamera HP lainnya. Umumnya, kamera kedua yang ada pada bagian belakangnya bertujuan menangkap latar serta memberi efek blur atau kamera bokeh.

Samsung Galaxy A8 Star juga mampu menangkap foto secara baik dari segala kondisi. Pada kondisi cahaya cukup, maka akan menampilkan foto yang lebih detail. Sementara jika kondisi cahayanya kurang, maka hasil fotonya juga lebih bagus serta minim noise.

Baca Juga :   [AMPUH] Cara Paling Gampang Mengatasi Andromax A (A16C3H) Bootloop

Hasil yang lebih maksimal tersebut karena adanya dua kamera HP yang bekerja lebih unik. Saat digunakan dalam kondisi cukup cahaya, maka HP tersebut akan memakai kamera 16 MP. Namun saat dalam kondisi kurang cahaya, maka akan menggunakan kamera 24 MP.

Resolusi kamera 24 MP tersebut juga berteknologi Tetracell Technology. Secara teori, teknologi ini mampu menggabungkan 4 dot piksel dan digabungkan yang mampu memberikan efek cahaya berlebih ketika memotret. Kemampuan lainnya ialah menghasilkan foto efek bokeh sangat baik atau di namakan dengan fitur Live Focus.

Kemampuan merekam videonya juga didukung oleh kemampuan merekam video hingga 2160p 30 fps. Namun tak ada fitur bernama OIS atau EIS pada HP ini. Namun Samsung memiliki fitur stabilizer sebagai fitur bawaannya, namun fitur tersebut tak memberi dampak pada kestabilan video yang di hasilkan. Walaupun demikian, kemampuan kamera belakangnya mampu merekam video slow-motion.

Kamera depan

Tak hanya dibekali dengan kamera utama yang terbaik, ponsel ini juga sudah dibekali oleh fitur sensor 24 MP dan bukaan f/2.0 disertai oleh teknologi Tetracell, sehingga menangkap foto selfie dengan baik.

3. Daya Tahan Baterai yang Baik

Ciri khas ponsel Samsung ialah tipe layar AMOLED dengan efisiensi konsumsi daya baterainya. Efisiensi tersebut tentu memberikan efek positif terhadap daya tahan baterai menjadi lebih panjang. Khususnya pada HP Samsung Galaxy A8 Star tersebut. Kapasitas daya baterai ponsel ini adalah 3.700 mAh, sehingga memberi waktu cukup lama untuk digunakan.

Dengan pemakaian internet memanfaatkan data seluler dalam waktu 4 hingga 5 jam, ponsel ini mampu bertahan hingga 22 jam disertai screen-on-time 6,5 jam.

Daya tahannya mampu mencapai melebihi satu hari dengan begitu anda bisa mengisinya keesokan harinya. Ada pula fitur pengisian daya yang mendukung pengisican secara cepat. Meskipun begitu, durasi pengisian baterai yang cukup lama, menjadi hambatan karena melebihi 2 jam.

4. Performa Cukup Solid

Tak hanya itu saja, samsung Galaxy A8 Star juga hadir dengan tipe chipset Snapdragon 660. Yang di dalamnya ada prosesor octa core terbagi menjadi dua cluster, yakni quad core Kryo berkecepatan 260 2,2 GHz dengan quad core Kryo 260 berkecepatan 1,8 GHz. Prosesor ponsel ini ditenagai oleh pengolah grafis dari Adreno 512.

Biasanya hp kelas menengah akan menggunakan performa tersebut dan fokus terhadap performa tinggi. Sebab itulah performa oke dan solid layak menjadi sebutan bagi smartphone ini. Ditambah lagi adanya dukungan kapasitas RAM 4 GB sehingga membuat multitasking lebih lancar meskipun menggunakan banyak aplikasi secara bersamaan. Untuk itu, anda bisa mengeceknya pada nilai antutu yang cukup tinggi berikut ini.

Baca Juga :   [5 Langkah Mudah!] Cara Logout/Keluar dari Aplikasi Smule di HP Android

Bagi permainan PUBG Mobile, ponsel ini cukup mampu memainkan PUBG Mobile menggunakan grafis HD pada framerates hight. Namun akan lebih nyaman serta lebih lancar jika anda memainkan PUBG Mobile pada grafis balance menggunakan framerates medium saja.

Kekurangan Samsung Galaxy A8 (2018)

1. Desain Biasa Saja dan Permukaannya Licin

Kekurangan yang pertama adalah material logam maupun kaca pada bagian depan serta belakangnya. Bahan bodi tersebut justru menjadikan ponsel ini lebih terasa premium. Cuma penggunaaan kaca tersebut menjadikan Samsung Galaxy A8 Star lebih lincin ketika digenggam.

Tak hanya itu saja, konsep fullview yang terasa kurang maksimal juga di sebabkan oleh bezel HP yang agak tebal. Bodinya lebih terkesan biasa serta kurang begitu istimewa.

2. SIM hybrid

Kekurangan lainnya ialah adanya slot hybrid. Sehingga pengguna harus memilih memakai dua kartu SIM secara bersaaman ataupun satu SIM dan menggunakan microSD. Apalagi kebanyakan pengguna menyukai jika pemakaian kartunya bisa 2 kartu ditambah satu slot microSD. Beda cerita bila memori internalnya memiliki kapasitas hingga ratusan GB sehingga bisa lebih dari cukup untuk pemakain slot kartunya.

3. Tidak Tahan Air

Di beberapa sector, smartphone Samsung Galaxy A8 Star juga mempunyai peningkatan lebih baik daripada Samsung Galaxy A8 (2018) atau Samsung Galaxy A8+. Tapi sayangnya, pada sektor satu ini, smartphone Samsung Galaxy A8 Star telah mengalami penurunan. Tak seperti pada Samsung Galaxy A8 (2018) serta Samsung Galaxy A8+ berkemampuan tahan air, namun HP ini justru tanpa fitur tahan air.

4. Lokasi Sensor Sidik Jari yang Kurang Baik

Berikutnya adalah posisi sensor sidik jari ponsel ini yang tak biasa. Sensor sidik jari pada ponsel ini terlihat terlalu ke atas bila dibanding dengan sensor sidik jari samsung lain di tahun 2018. Sehingga anda harus biasakan dulu tangan dengan posisi sidik jari terlalu tinggi.

Itulah pembahasan tentang Kelebihan dan Kekurangan HP Samsung Galaxy A8 Star. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :



8 Kelebihan dan Kekurangan HP Samsung Galaxy A8 Star
4.2 (84%) 5 votes