Cara Kompres Video dengan Mudah di Andorid “100% WORK”

Posted on
Cara Kompres Video dengan Mudah di Andorid “100% WORK”
5 (100%) 1 vote





Cara Kompres Video dengan Mudah di Andorid “100% WORK”

Cara kompres video – Zaman yang sekarang ini sudah memasuki pada era globaliasi yang canggih. Begitu juga dengan perkembangan sebuah alat teknologi yang juga sudah semakin maju. Banyaknya sebuah aplikasi yang diciptakan manusia maka semakin banyak dari pekerjaan manusia yang menjadi lebih mudah dilakukan.
Dengan aplikasi seperti itu akan sangat membantu bagi seseorang misalnya dengan adanya aplikasi wps office bisa membuat laporan dan berfungsi sama dengan Microsoft offie yang sudah tersedia di pc/laptop. Tidak hanya itu masih banyak lagi aplikasi yang sangat membantu.

Teknologi juga mengenal sebuah istilah compress yang artinya adalah sama saja saat kita mengurangi size dari ukuran file nya. Compress ini dilakukan biasanya supaya mengirit penyimpanan dari memori perangkat kita baik dari penyimpanan ponsel ataupun laptop. Karena coba kalian bayangkan bila satu file yang berukuran 10mb dan ada 5 file sudah 50mb dan juga sangat boros penyimpanan.

Bagi kalian yang ingin tau caranya melakukan kompress jangan khawatir sebab sekarang foto, video, bahkan dokumen file pdf juga bisa di kompress. Dengan bantuan sejumlah aplikasi yang dapat kita gunakan maka proses mengkompress juga akan semakin mudah.

Cara kompress Video di Android tanpa Mengurangi Kualitas Video dengan Video Converter

Langkah langkah yang bisa dilakukan untuk mengkompress video di android seperti berikut.

  • Yang pertama yang harus dilakukan ialah download dulu aplikasinya yaitu “Video Converter”, “Video Compressor” – “VidCompact”
  • Untuk langkah selanjutnya silahkan install aplikasi nya dan kemudian buka.
  • Jika sudah dibuka maka langsung saja untuk membuka aplikasi nya lalu pilih dan klik Trim & Compress
  • Jika sudah menemukan sebuah video yang pas langsung saja kalian klik video nya. Lalu kalian dapat mengatur sesuai yang kalian ingin 240p atau pun 320p jadi sesuai selera kalian. Bila dirasa sudah cocok maka langsung klik saja bagian yang sudah di tandai untuk memulai menyimpan
  • Selanjutnya ada sejumlah pilihan untuk save, kalian bisa pilih saja save to gallery. Bila ingin mempunyai video hasil compress, atau mau langsung share pada sosial media juga bisa dilakukan sesuai keinginan kalian.
  • Bila sudah, maka tunggu dulu proses kompressnya. Untuk catatan, lamanya proses ini tergantung ukuran video nya. Jadi, bila video berukuran besar maka otomatis proses nya pun akan lebih lama.
  • Selesai, video yang sudah mengalami proses kompress maka ukurannya pun otomatis menjadi lebih kecil
Baca Juga :   3 Cara Upload Foto / Video di Instagram lewat PC Laptop Terbaru

Aplikasi atau software lain yang paling populer yang dapat mengecilkan ukuran file video secara signifikan dengan kualitas terbaik ialah “Handbrake”. Aplikasi ini mempunyai lebih banyak fitur yang dapat memungkinkan untuk mengubah dari tingkat kompresi, seperti pengaturan bit rate rata – rata (kbps) yang stabil. Selain itu juga dapat dengan mudah mengoptimalkan sebuah video pada perangkat yang berbeda yaitu termasuk windows, ipod, tablet, TV serta Android. Aplikasi ini menjadi populer sebab beberapa alasan :
a. Aplikasi ini bisa mengkonversi sebuah video dari hampir semua format apa pun seperti .wmv .avi .m4v, .mov, dll.
b. Aplikasi ini diperoleh secara gratis dan Open Source
c. Aplikasi ini juga dapat digunakan di Windows, Mac dan Linux

Cara Memperkecil Ukuran Video dengan Handbrake

Untuk memperkecil ataupun mengkompres dari ukuran file video di komputer dan juga laptop:

  • Download aplikasi handbrake terlebih dahulu.
  • Silahkan menginstall handbrake di PC dan sesudah mendapatkannya tinggal klik 2x dan seterusnya mengikuti petunjuk yang sudah tampil seperti biasa. Setelah selesai diinstal lalu buka dan langsung cari sebuah file video yang akan dilakukan kompres dan ukurannya.
  • Sesudah memilih dari file video yang akan diperkecil, lalu tentukan lokasi untuk menyimpan dari hasil kompresinya. Di bagian “Destination”, langsung Klik “Browser” dan tentukan lokasinya sambil memberikan sebuah nama file itu sesuai dari keinginan
  • Secara default hasil dari video yang dikompresi tersebut akan tersimpan di lokasi folder yang sama, tetapi perhatikan dan bedakan dari nama file yang sebelumnya.
  • Di bagian “Presets” lalu pilih “Normal”, dan aturlah “Output Setting” kemudian pilih “MP4”, dan centang “Web Optimized”, Selanjutnya ubah dari ukuran resolusi video menjadi 360 atau 480 atau juga 720 dan bisa lebih kecil dari aslinya yang secara otomatis akan muncul
  • Di bagian Tab “Video”, Aturlah “Video Codec” sehingga menjadi “H.264 (x264)”,
  • Klik “Start Encode” yang terdapat dibagian atas, lalu handbrake akan segera memproses sendiri video tersebut, dan tunggulah hasilnya dalam beberapa menit kemudian. Kecepatan dari kompresi tergantung juga pada spesifikasi CPU yang digunakan dan start encode video
  • Setelah dari prosesnya kompresi video selesai, lalu buka lokasi hasil folder yang sudah dipilih tadi diawal dan kemudian lihat kualitasnya. Bisa dibandingkan dari sebelum dan sesudahnya dikompres maka dari segi ukuran akan otomatis berkurang dengan cukup banyak. Serta Kualitasnya pun masih tetap bagus dan juga masih dapat enak dipandang.
  • Selesai.
Baca Juga :   Top 7 Laptop Lenovo Terbaru 2018 dan Spesifikasi Harganya

Itulah penjelasan mengenai cara kompres video dengan Mudah di Andorid. Cara diatas sangat mudah bila dilakukan sekaligus bisa meminimalisir penyimpanan memori yang penuh. Karena, jika semua video sudah di kompress ukurannya akan lebih kecil. Selamat mencoba!

Baca juga: