Cara Mematikan Antivirus Smadav dengan Mudah dan Cepat “100% WORK”

Posted on
Cara Mematikan Antivirus Smadav dengan Mudah dan Cepat “100% WORK”
5 (100%) 1 vote





Cara Mematikan Antivirus Smadav Di PC/Laptop

Cara mematikan anti virus smadav – PC atau komputer terkenal sebagai sebuah barang serbaguna. Tapi terlepas dari itu semua, benda yang satu ini tidak bisa lepas dari yang namanya berbagai ancaman. Salah contoh bentuk ancaman yang sering menyerang laptop adalah virus dan malware. Makhluk satu ini memang cukup berbahaya dan ketika sudah menjangkit ke perangkat PC kita maka akan berakibat fatal. Oleh sebab itu disarankan bagi setiap komputer supaya dilengkapi dengan sebuah software antivirus.

Smadav merupakan antivirus untuk membasmi virus lokal yang tidak mampu dibasmi oleh antivirus global. Antivirus smatdav dapat disandingkan dengan antivirus avira. Akan tetapi avira hanya membasmi virus internasional saja.

Sebelum mematikan antivirus, sebaiknya kita ketahui apa akibat dari tidak mengaktifkannya antivirus pada komputer. Fungsi antivirus ialah untuk melindungi perangkat dari ancaman virus-virus yang mengakibatkan perangkat tidak dapat digunakan. Ciri-ciri computer terserang virus yaitu beberapa file hilang atau hidden dan rusak. Saat beroprasi computer terkadang lambat, blank, mati secara tiba-tiba, rusak, dll.

Kelebihan Memiliki Antivirus

1. Mempunyai peran sebagai proteksi tambahan

Smatdav berperan sebagai proteksi tambahan, jadi bukan antivirus utama. Smatdav bekerja sama dengan antivirus lain seperti avast atau avira dalam mengamankan perangkat kalian. Dengan adanya smatdav computer menjadi lenih aman karena proteksi tambahan yang dimilikinya.

2. Proteksi pada USB Flashdisk

Flashdisk menjadi salah satu media penyebaran virus, karena sering berpindah dari computer satu ke yang lainnya. Kita tidak bisa menjamin bahwa flashdisk kalian bebas dari virus. Tapi jangan khawatir disini smatdav berfungsi dalam menjalankan keamanan pada file kalian.

Baca Juga :   Peran Website dalam Bisnis Online

Saat kita menancapkan flasdisk pada laptop atau computer kalian, maka secara otomatis smatdav akan melakukan scanning atau pengecekan bahwa disana terdapat virus atau tidak.bila ada maka dengan sigap akan langsung membersihkannya. Selain itu, sudah terbukti ampuh dalam mengembalikan dari berbagai jenis file flasdisk yang sering disembunyikan oleh virus.

3. Kineranya yang Ringan

Smadav menjadi aplikasi yang sangat ringan. Smatdav hanya membutuhkan resourceyang sangat kecil dari perangkat kalian. Saat menjalankan Smadav hanya membutuhkan 5MB dari RAM dan kurang dari 1% CPU kalian. Jadi tidak memberatkan atau mengganggu aplikasi yang sedang berjalan.

Meskipun menjadi salah satu protek yang sangat sigap dalam menangani atau mendeteksi adanya program berbahaya, tapi kadang Smadav bisa salah mendiagnosis. Ketika kita akan menginstall pada sebuah aplikasi, Smadav disini malah menganggap sebagai virus dan langsung memblokirnya. Nah, hal ini tentu akan mencegah kita untuk tidak memasang software tersebut. Cara salah satunya untuk mengatasi hal ini yaitu dengan mematikan fitur layanan dari Smadav untuk sementara agar kita bisa menginstallnya.

Akibat dari banyaknya masalah yang ditimbulkan oleh virus maka pada pengguna komputer lebih memilih selalu mengaktifkan antivirusnya. Tapi bila tidak maka dapat menghambat kinerja dalam menggunakan komputer. Tetapi kadang dalam menggunakan antivirus telah mengalami berbagai kendala seperti menjadikan komputer lambat, file yang seharusnya bukan virus bisa dianggap virus, dan sebagainya.

Setelah kalian yakin ingin mematikan antivirus seharusnya kalian membatasi penggunaan dari komputer orang lain, jadi jangan terlalu sering berkontak atau terhubung dengan computer orang lain. Tujuannya yaitu supaya mereka tidak memasukkan flashdisk/USB ataupun browsing internet. Karena pintu masuk utama virus yaitu melalui kedua cara tersebut.

1. Cara mematikan antivirus Smadav Sementara

Untuk mematikan smadav sementara anda bisa menggunakan langkah berikut. Buka terlebih dahulu aplikasi Smadav. Berikutnya ikuti langkahnya dibawah ini.

  • Sesudah antivirus Smadav terbuka
  • Kemudian Pilih tab menu Protect sebelah kiri, dan lihat pada kotak hijau sebelah kanan lalu klik pada tombol Disable
  • Setelah itu muncul peringatan SmaRT-Protection akan dinonaktifkan
  • Nah, Antivirus Smadav kalian telah sukses dimatikan
Baca Juga :   2 Cara Melihat Jalan Macet di Google Maps dengan Mudah

2. Mematikan Antivirus Smadav Melalui Taskbar

Anad pun bisa menggunakan cara kedua ini untuk mematikan antivirus smadav. Cara melakukannya dengan langkah dan tahap dibawah ini.

  • Lihatlah pada ikon menu taskbar pojok kanan bawah. Lalu klik kanan pada ikon Smadav dan pilih salah satu Disable Forever atau Disable Until Restart.
  • Disable Forever berfungsi untuk nonaktif selamanya sampai kalian mengaktifkan kembali.
  • Disable Until Restart berfungsi untuk nonaktif sampai computer kalian dimatikan tetapi sewaktu – waktu komputer di nyalakan maka Smadav kembali aktif sepenuhnya
  • Dan Antivirus Smadav telah sukses dimatikan, yaitu tandanya logo Smadav berubah warna menjadi kuning terang pada taskbar menu.

3. Mematikan Antivirus Smadav dengan Task Manager

Untuk mematikan antivirus smadav melalui task manager bisa melalui langkah langkah dibawah ini:

  • Tekan di keyboard dengan Ctrl+Alt+Del
  • Kemudian layar komputer kalian akan jadi biru, lalu pilih menu Task Manager
  • Pada menu task manager perhatikan kolom Process > Name > Smadav
  • Lalu Klik kanan pada logo Smadav dan pilih End Task atau dengan klik pada logo Smadav setelah itu klik End Task di pojok kanan bawah
  • Maka Antivirus Smadav anda telah sukses dinonaktifkan hingga komputer dimatikan

Cara diatas adalah cara dari mematikan sementara, jangan terlalu lama kalian membiarkan antivirus Smadav tidak berfungsi. Karena virus kapan saja dapat masuk ke komputer kalian tanpa disangka-sangka.

Akan tetapi, satu hal yang perlu kita tahu dan menjadi pegangan ialah bagaimanapun kondisinya, kebaradaan dari suatu antivirus sangat penting. Karena dalam mengontrol aktifitas pengguna komputer dari penggunaan USB dan koneksi jaringan internet.

Maka dari itu saran saya sebaiknya kalian mengetahui tipe antivirus apa yang sesuai pada kebutuhan dan spesifikasi komputer anda.

Inilah pembahasan mengenai cara mematikan antivirus smatdav. Semoga bermanfaat.

Baca juga: