Cara Menambah Kapasitas RAM Smartphone Android “100% WORK”

Posted on
Cara Menambah Kapasitas RAM Smartphone Android “100% WORK”
Rate this post





Cara Menambah Kapasitas RAM Smartphone Android “100% WORK”

Cara tambah RAM android – sekarang ini banyak yang menginginkan smartphone dengan kapasitas RAM lebih besar. Pasalnya dengan kapasitas RAM yang besar maka aktivitas dalam berselancar juga semakin lancar. Hal inilah yang membuat pemilik smartphone mau menambah kapasitas RAM untuk ponsel mereka. Sehingga beberapa cara tambah RAM android dibawah ini bisa di jadikan sebagai referensi.

Anda bisa menggunakan cara berikut ini pada ponsel yang telah di-root atau yang masih belum pernah di-root. Untuk itu, ikuti penjelasan lengkap dibawah ini.

Apa Itu RAM?

RAM ialah Random Access Memory yang berfungsi menyimpan data sementara. Berdasarkan teori, semakin besar intensitas RAM yang dimiliki, hal ini membuat anda semakin mudah membuka banyak aplikasi secara bersamaan tanpa lag.
Memasang banyak aplikasi juga bisa mengkonsumsi banyak kapasitas RAM. Sehingga, jika meleihi batas kemampuannya, akan membuat perangkat Android mulai lambat, serta nge-lag hingga kurang stabil.

CARA MENAMBAH RAM TANPA ROOT

Cara meningkatkan performa RAM agar lebih maksimal salah satunya ialah melakukan rooting. Tapi, bagi mereka yang takut jika garansinya hilang, maka bisa melakukan cara sederhana dibawah ini agar performa RAM meningkat tanpa harus melakukan root.

1. Kurangi Widget dan Live Wallpaper

Widget serta live wallpaper adalah fitur paling boros dalam mengkonsumsi RAM. Kebanyakan widget selalu melakukan refresh sedangkan live wallpaper justru selalu aktif saat layar menyala. Disamping bisa mengkonsumsi RAM yang banyak, fitur ini juga bisa menghabiskan daya baterai secara cepat. Sehingga, kurangi pemakaian widget. Anda pun bisa menghapus widget maupun live wallpaper bila tidak dibutuhkan.

Baca Juga :   10 Aplikasi Jual Beli Online Terbaik [HP Android]

2. Disable Application

Ada sejumlah aplikasi yang secara terus menerus akan menggunakan RAM walaupun anda tidak memakainya. Aplikasi tersebut sebaiknya dinonaktifkan supaya tidak terus-terusan mengakibatkan lag Android anda. Sehingga, anda dapat menggunakan fitur “disable application” sebagai cara menonaktifkannya.
Cara melakukannya:
– Bukalah “settings” lalu pilih menu “apps” ataupun “application manager.”
– Jika sudah, anda bisa langsung berpindah pada tab “all” (guna melihat seluruh aplikasi sedang berjalan pada perangkat).
– Bukalah salah satu aplikasi tertentu yang tak dipakai kemudian anda bisa melakukan klik pada perintah “disable”.
Hal yang harus anda ingat adalah, tidak boleh men-disable aplikasi tertentu yang berhubungan dengan sistem Android. Karena bisa anda melakukan hal ini, biasanya akan muncul beberapa masalah diperangkat Anda contohnya fitur yang tak berfungsi, kemudian force close, maupun lainnya.

3. Matikan Animasi

Adanya animasi android sering mengkonsumsi kapasitas RAM. Jadi, sebaiknya matikan saja agar tidak mengkonsumsi RAM yang banyak. Untuk melakukannya, ikuti langkah dibawah ini:
– Bukalah pengaturan atau settings
– Lalu pilih perintah “About Phone” di bagian build number ketuklah sampai 7 kali
– Sampai muncul notifikasi jika Anda sekarang telah menjadi developer.
– Kemudian kembali pada “Settings” dan bukalah menu “Developer Options”
– Kemudian pilih opsi “Drawing” dan matikan saja Window animation scale, kemudian Transition Animation scale, serta Animator duration scale supaya tak ada lagi animasi mengkonsumsi RAM yang berlebi.

Cara Menambah Kapasitas RAM dengan Root

Trik berikutnya sangat cocok untuk smartphone yang sudah pernah di root. Langkah ini akan menjadikan partisi baru pada SD card berguna sebagai RAM kedua pada perangkat Android milik Anda. Jadi, langkah ini bisa dilakukan jika anda punya SD card minimal claas 4. Agar hasilnya lebih baik, sebaiknya anda menggunakan SD card class 10.

Baca Juga :   Cara Mematikan Antivirus Smadav dengan Mudah dan Cepat "100% WORK"

Berikut ini langkah langkahnya:
– Pertama anda harus mengunduh aplikasi MemoryInfo dan Swapfile Check.
– Kemudian jalankan aplikasi tersebut lalu beri izin akses SuperUser.
– Kemudian klik opsi “start ramexpander test here” pada bagian bawah layar.
– Pilihlah SD-card ataupun Ext SD-card lalu klik “Click for result”.
– Bila ada notifikasi “Congratulations”, maka Anda bisa melanjutkan pada proses selanjutnya.
– Kemudian unduh aplikasi SWAP atau ROEHSOFT RAM-EXPANDER lewat Google Play Store
– Lalu jalankan aplikasi tersebut kemudian berilah izin akses root.
– Kemudian gunakan slider guna memilih sejumlah kapasitas SD card anda yang akan dialokasikan menjadi RAM tambahan.
– Bila anda masih bingung, maka pilih opsi “optimal value” guna mengaturnya dengan otomatis pada pengaturan terbaik.
– Kita juga bisa mengaktifkan opsi “autorun” supaya fitur tersebut selalu berjalan otomatis saat perangkat Android dinyalakan.
– Kemudian klik “Swap Activ” guna memulai menambah RAM.

Nah, sekarang kapasitas RAM perangkat anda sudah bertambah. Sehingga smartphone atau tablet Anda akan berjalan lebih lancar dengan kapasitas RAM tambahan. Cara tambah RAM android diatas bisa dilakukan dengan memilih salah satu cara yang menurut anda mudah. Selamat mencoba.