Cara Mengatasi Laptop Not Responding Dengan Cepat Dan Mudah

Posted on




Cara Mengatasi Laptop Not Responding Dengan Cepat Dan Mudah

www.gaptech.co.id – Berbicara mengenai laptop, mungkin barang ini bukanlah barang mewah lagi. Karena sekarang barang ini sudah banyak penggunanya, dan harga laptop semakin murah dari tahun ke tahun. Ya, memang harga semua barang elektronik selalu turun setiap tahunnya, tidak terkecuali laptop.

Untuk mendapatkan laptop baru, uang 2 jutaan mungkin sudah bisa mendapatkannya. Namun, itu untuk laptop biasa dan memiliki spesifikasi yang rendah. Laptop dengan spesifikasi rendah cenderung memiliki produktivitas lebih rendah dan memiliki performa yang lebih rendah. Contohnya laptop yang memiliki harga murah cenderung lemot dibandingkan dengan laptop mahal.

Tetapi ada juga laptop mahal yang tidak kalah lemot bahkan tidak merespon bila membuka sebuah software. Ada beberapa faktor penyebab laptop lemot dan tidak not responding seperti umur laptop, terlalu banyak virus dan malware, serta masih banyak penyebab lainnya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, berikut ada beberapa cara mudah untuk mengatasi laptop hang, macet, maupun not responding.

Cara Mengatasi Laptop Not Responding

1. Mematikan Software/Sistem Penyebab Not Responding

Cara termudah untuk mengatasi laptop not responding adalah mematikan software yang menyebabkan hal tersebut, dengan cara ini pastinya laptop anda akan kembali berjalan normal seperti biasanya. Untuk hal yang menyebabkan software hang sangatlah banyak misalnya ukuran RAM yang kecil.

Laptop hang/macet akibat software maupun sistem ini sering terjadi pada laptop berspesifikasi rendah, contohnya pada notebook yang umumnya mempunyai ukuran RAM 1 GB. Jadi pastikan anda menginstal software ringan agar laptop anda tidak not responding.

2. Masuk Ke Safe Mode

Jika laptop anda masih macet dan tidak merespon dalam waktu singkat, anda bisa mematikan laptop tersebut dan masuk ke mode aman (Safe Mode). Safe mode adalah sistem dasar windows saat pertama kali diinstal, jadi di dalam safe mode yang dapat anda lakukan terbatas karena hanya fitur dasarnya saja yang aktif.

Baca Juga :   Cara Membuat Password Reset Disk Windows 8 Pada Flashdisk

Dan untuk masuk ke safe mode ini sangatlah mudah, tetapi untuk masuk ke safe mode setiap laptop, notebook, pc, maupun komputer memiliki cara yang berbeda-beda. Ada dari mereka yang masuk menggunakan tombol F2, F8, hingga kombinasi menggunakan tombol lainnya.

3. Uninstal Software Yang Tidak Penting

Salah satu cara mengatasi laptop macet, hang, hingga tidak ada respon adalah dengan men uninstal software yang tidak penting/tidak pernah digunakan terutama software yang memiliki ukuran besar dan berpengaruh mengganggu performance laptop.

Jika anda ingin menginstal permainan, terutama permainan yang memiliki ukuran besar hingga bergiga-giga lihatlah terlebih dahulu spesifikasi laptop anda. Jangan paksakan kehendak anda jika dirasa laptop maupun pc anda tidak bisa menanggung bebab tersebut.

4. Cek RAM & CPU

Cara mengatasi laptop not responding selanjutnya yakni dengan mengecek RAM dan CPU. Mengecek disini berarti melihat langsung RAM maupun CPU apakah ada kerusakan, korslet, atau kotor. Untuk melakukan hal ini sebaiknya lakukan sebulan sekali atau 2 bulan sekali secara rutin sekaligus membersihkan laptop.

5. Jangan Buka Program Secara Bersamaan

Laptop keluaran baru memang memiliki fitur multitasking yang bisa digunakan untuk membuka suatu program secara bersamaan. Pada laptop dengan spesifikasi tinggi terutama laptop baru memang memiliki jenis CPU yang baik dengan RAM yang besar, jadi hal ini sangat memungkinkan untuk menjalankan program bersamaan.

Jika laptop anda memiliki spesifikasi rendah, usahakan jangan membuka program secara bersamaan, terutama bagi laptop yang memiliki ukuran RAM kecil. Bukalah program seperlunya saja, dan anda bisa membuka program lainnya jika sudah menutup program yang sudah tidak terpakai.

6. Update Driver Ke Versi Terbaru

Salah satu ciri laptop anda hang adalah adanya pembaruan program maupun driver. Banyak dari pengguna laptop tidak tahu seberapa pentingnya driver, driver disini memiliki fungsi sama seperti tingkatan OS pada android seperti jellybean, kitkat, lolipop, dan seterusnya.

Baca Juga :   5 Shortcut Keyboard Yang Jarang Digunakan Tapi Memiliki Fungsi Vital

Apabila anda ingin mendapatkan fitur terbaru, pastikan anda melakukan update driver ke versi terbaru. Selain sangat penting untuk mendapatkan fitur baru, update driver juga berfungsi mengatasi laptop dari hang, macet, maupun tidak merespon.

7. Scan Virus & Malware

Nah, ini nih masalah yang paling banyak terdapat pada perangkat komputer maupun laptop. Virus dan malware pada laptop dapat mengakibatkan perangkat tersebut menjadi lemot, hang, hingga mati dengan sendirinya. Untuk mengatasi hal tersebut anda wajib menginstal software antivirus dan antimalware.

8. Instal Ulang Laptop

Biasanya ada sebuah program tersembunyi, malware, maupun virus yang terdapat pada drive c karena drive ini merupakan pusat berbagai program dan data, jadi jika anda tidak ingin susah-susah mencari program, virus, malware atu file berbahaya lain, anda bisa menginstal ulang sistem laptop anda.

Instal ulang laptop di sini berarti menghapus semua sistem dan isi drive c dan menggantinya dengan sistem baru. Ini merupakan cara yang mudah dan instan. Untuk menginstal ulang windows di laptop anda, berikut cara instal ulang laptop dengan mudah hanya menggunakan flashdisk.

Baca juga tentang:

9. Menambah RAM Laptop

Kebanyakan laptop menjadi lemot akibat penggunaan RAM yang terlalu tinggi hingga mencapai 80% keatas. Apalagi jika RAM laptop tersebut kecil, kemungkinan hangnya akan sangat besar. Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa menambah RAM laptop sehingga kinerjanya bisa lebih maksimal.

Jika 9 cara mengatasi laptop hang diatas sudah anda lakukan namun ternyata laptop anda masih mengalami hang, macet, not responding, bahkan tidak menyala. Cobalah bawa ke tukang servis, karena bisa saja ada hardware yang rusak dan perlu diganti dengan yang baru.

Sekian dari saya mengenai artikel cara mengatasi laptop not responding, macet, maupun hang. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda pengguna laptop, komputer, pc maupun notebook, dan semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat. Terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa berkunjung kembali.