Cara Menghilangkan Virus Shortcut Di Komputer Secara Permanen

Posted on
Rate this post




Cara Menghilangkan Virus Shortcut Di Komputer Secara Permanen

www.gaptech.co.id – Virus tidak hanya bisa menyerang makhluk hidup saja seperti manusia, hewan atau pun tumbuhan. Ada juga virus yang bisa merusak perangkat – perangkat elektronik milik kita seperti pada laptop, handphone. Dampak yang ditimbulkan tentu saja negatif, entah kerusakan sistem komputer dan lainnya.

Salah satu virus yang sering dialami pada laptop atau pc adalah virus shortcut. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara menghilangkan virus shortcut. Virus yang satu ini sebetulnya tidak terlalu berbahaya bagi sistem entah itu pada laptop/kompuer.

Namun ya itu, virus ini bisa sangat mengganggu sekali ketika kita sedang menggunakan perangkat. Walaupun tidak terlalu berbahaya dan cukup mengganggu, virus seperti ini akan sangat mudah menyerang komputer/flashdisk pada semua orang.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut Di Komputer

Virus shortcut biasanya akan memberikan dampak pada file – file yang kita simpan di dalam drive entah itu di internal laptop atau flashdisk. Gejala yang sering ditemui ketika adanya virus shortcut adalah banyak file yang tersembunyi. Bukan ulah seseorang melainkan ulah dari virus tersebut.

Hasilnya sih sudah bisa ditebak, kita sebagai pengguna akan mengalami kesulitan dalam mencari file yang ada. Dan jika virus ini dibiarkan dan tidak dilakukan tindakan, bisa saja virus – virus lain berdatangan. Oleh karena itu, langsung saja berikut ini beberapa cara menghilangkan virus shortcut.

1. Cara Pertama Menggunakan CMD

Yang pertama, kita seringkali menyimpan berbagai file entah hasil share atau pun melalui proses pengunduhan. Dari kedua proses tersebut, virus shortcut bisa saja menyusup dan hinggap pada perangkat flashdisk yang kita miliki. Alhasil, file yang sudah tersimpan bisa saja hilang entah kemana karena disembunyikan oleh virus tersebut. Berikut tutorial menghilangkan virus shortcut di flashdisk, pertama kita harus membuka file yang tersembunyi di komputer/laptop.

  • Hubungkan flashdisk ke laptop/pc.
  • Kemudian kita bisa membuka folder option melalui file explorer.
  • Untuk windows 7 da 8, caranya buka File explorer, klik Organize, lanjut pilih folder and search options. Sedangkan untuk windows 10, kita bisa memilih view dan lanjut ketuk options.folder option
  • Jika sudah masuk ke dalam folder options masuk di tab view.
  • Pada Hidden file, centang Show hidden filed, folders and drivers.
  • Checklist juga pada bagian Hide extensions for known file types, Hide protected dan operating system files dibawahnya.folder option setting
  • Ketika ada peringatan klik saja Yes.
Baca Juga :   10 Modem 4G LTE Terbaik dan Tercepat Tahun 2018

Sekarang kita sudah bisa melihat folder yang sebelumnya tersembunyi karena ulah virus shortcut sebelumnya. Namun sayangnya, ya file ini hanya terlihat ketika dalam mode tersembunyi. Oleh karena itu, kita perlu tindakan lanjutan dengan memanfaatkan CMD atau Command Prompt. Langsung saja berikut ini langkah – langkahnya.

  • Silakan kita tekan tombol windows da ketik CMD
  • Setelah terlihat klik kanan dan pilih Run as administrator.
  • Lanjut membuka file direktori: dan enter, misal jika flashdisk berada di H maka ketik seperti ini H: dan enter.
  • Bila kita sudah masuk, ketik perintah del *.lnk s/ d/. Jika tidak bisa silakan anda ketik di atas tanpa ada s/ dan d/ lanjut tekan enter.
  • Setelah itu, ketik perintah lagi berupa attrib -s -h -r -a *.* /s /d jika ada error, pada bagian /s dan /d ketik salah satu saja dan tekan enter.
  • Selesa, apabila anda mengikuti langkah sebelumnya. Silakan menuju folder options dan kembalikan pengaturan awalnya.

2. Cara Menghilangkan Virus Shortcut Di Komputer

Selain menghapus atau menghilangkan virus pada flashdisk, kita juga harus menghapus pada drive komputer. Ada banyak sekali file yang kita miliki tersimpan dengan rapi di dalam drive komputer. Sayangnya, komputer atau laptop juga bisa mengidap virus shortcut. Langsung aja deh berikut ini beberapa langkah – langkah yang harus kita lakukan.

  • Pertama, ketuk tombol windows dan ketik msconfig, nanti anda akan dimasukkan ke menu System configuration.
  • Setelah masuk halaman baru, klik pada menu Startup dan lanjut pilih opsi Open Task Manager.
  • Masuk ke Task Manager, lanjut deh klik tab Startup dan cari nkvasyoxww.vbs, klik kanan dan pilih disable.
  • Untuk cara lain, silakan anda cari di windows pencarian dengan ketik %temp% dan klik folder yang keluar.
  • Kemudian, cari file nkvasyoxww.vbs bila sudah ketemu langsung aja kita hapus dari laptop atau komputer kita.
Baca Juga :   10 Game Rias Pengantin Terbaik di Android

Nah itulah penjelasan mengenai cara menghilangkan virus shortcut dengan mudah entah di flashdisk atau komputer laptop kita. Ada beberapa cara yang bisa kita pilih untuk menyelesaikan permasalahan terhadap virus. Walaupun tidak terlalu berbahaya, virus ini tentu akan membuat kita terganggu sebab file bisa saja disembunyikan.

Baca juga tentang:

Selain berbagai cara di atas, sebetulnya kita bisa memanfaatkan fitur atau software antivirus yang banyak beredar. Bahkan dengan software yang ada, pekerjaan kita bisa lebih mudah tanpa perlu melakukan tahapan yang cukup rumit. Sekianlah artikel kali ini, semoga ulasan diatas bisa bermanfaat bagi kita yang membutuhkan.