Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Posted on
Rate this post




Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

www.gaptech.co.id – Jika anda memiliki laptop, terutama laptop baru maka pasti baterainya akan awet. Semua peralatan elektronik jenis gadget dan peralatan komputer yang memiliki baterai tentu saja akan awet pada saat pemakaian pertama.

Lambat laun baterai tersebut pasti akan kehilangan daya akibat pemakaian atau kesalahan penggunaan.  Tetapi, kerusakan baterai laptop terbanyak disebabkan karena penggunaan yang salah oleh penggunanya. Jujur, laptop saya dell ini baterainya masih awet, padahal saya belinya sudah ada 4 tahunan.

Sampai sekarang, baterai laptop saya bisa bertahan 3-4 jam tapa dicharge. Berbeda dengan banyak pengguna laptop lainnya yang sering gonta-ganti baterai laptop. Lantas apa rahasianya?, berikut ini beberapa rahasia saya merawat baterai laptop sehingga bisa awet.

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

1. Jangan Gunakan Baterai Sampai Habis Total

Salah satu penyebab baterai laptop rusak adalah menggunakannya hingga habis total, ini adalah sesuatu yang salah. Jika anda ingin baterai laptop anda awet, jangan menggunakannya hingga habis total, jika memang anda pernah menggunakannya hingga habis, jangan ulangi kebiasaan ini.

2. Segera Cabut Charge Saat Baterai Sudah 100%

Ini merupakan hal yang banyak dilupakan pengguna laptop. Jika memang anda mencharge laptop, usahakan secepatnya cabut charge saat baterai sudah 100% terisi. Jika anda mencharge laptop kemudian anda tinggal tidur, usahakan baterai laptop tersisa tinggal sedikit.

Baca Juga :   10 Cara "Mudah" Optimasi SEO Youtube Agar Masuk Halaman Pertama

Cara merawat baterai laptop ini ditujukan agar ketika anda bangun, bertepatan dengan penuhnya baterai laptop. Atau jika memang baterai laptop penuh dan tidak sempat anda cabut, coba charge laptop dalam keadaan mati. Hal ini jauh lebih baik mencharge laptop dalam keadaan menyala/standby.

3. Gunakan Charger Asli/Original

Nah, ini juga hal yang sangat penting. Tidak hanya laptop, pada handphone pun juga seperti itu. Gunakan charge/cas original perangkat laptop tersebut. Jika memang charge tersebut tidak ada di daerah anda, anda bisa membelinya secara online atau ke luar daerah anda.

Dalam sebuah perbandingan, menggunakan charger asli dan charger tidak asli pada merk laptop yang sama, daya tahan baterai yang lebih baik terletak pada laptop yang menggunakan charger asli daripada yang tidak asli. Maka dari itu, pemilik laptop, ingat dan lakukan ya.

4. Saat Hendak Di Charge, Usahakan Suhu Laptop Dingin

Jangan langsung mencharge laptop dalam keadaan laptop panas. Jika memang laptop baru saja anda gunakan, tunggu sekitar 10-15 menit sampai suhu laptop lumayan dingin. Hal ini penting sekali dan bisa mempercepat proses charge laptop dibandingkan mencharge laptop dalam keadaan panas.

5. Jangan Gunakan Sambil Di Charge

Nah, ini adalah hal yang sangat banyak dilalaikan oleh pengguna laptop. Menggunakan laptop dalam keadaan menyala sangatlah tidak baik untuk daya tahan laptop ke depannya. Mengapa demikian?, arus listrik yang keluar masuk tidak stabil, kadang seimbang kadang tidak.

Ketika anda bermain game sambil mencharge, arus yang masuk dan keluar lebih banyak yang keluar, begitupun sebaliknya jika anda membiarkan laptop menyala dan tidak digunakan saat mencharge, arus yang masuk lebih banyak dari yang keluar. Lebih baik matikan laptop saat charge.

Baca Juga :   Antivirus Terbaik Untuk Laptop, PC, Komputer, Dan Sejenisnya

Baca juga tentang:

6. Charge Laptop Dalam Keadaan Mati

Iya, memang lebih baik mencharge laptop dalam keadaan mati, karena selain lebih cepat, juga lebih aman untuk daya tahan baterai kedepannya. Sama seperti handphone, lebih baik anda menchargenya dalam keadaan mati, memang semua barang elektronik smarphone dan laptop seperti itu.

Oke, pastikan anda menggunakan tips-tips di atas jika anda tidak ingin laptop anda keseringan ganti baterai. Selain hemat energi, anda juga bisa menghemat pengeluaran jika anda menggunakan tips di atas. Cara ini sudah terbukti pada laptop yang saya gunakan.

Sekian tutorial mengenai cara merawat baterai laptop baru, laptop gaming, dan jenis laptop lainnya. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda dan bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih ata kunjungan anda dan jangan lupa berkunjung kembali.