Cara Mudah Mengatasi Aplikasi Google Play Error “100% WORK”

Posted on





Cara Mudah Mengatasi Aplikasi Google Play Error “100% WORK”

Setelan google – biasanya aplikasi google play akan mengalami masalah jika sering digunakan. Misalnya saja tidak dapat melakukan download aplikasi, bahkan mengalami crash. Tentunya kejadian ini bisa mengganggu anda ketika akan download aplikasi penting. Sehingga harus melakukan setelan google agar hal ini tidak terjadi. agar google play tidak eror, anda bisa melakukan cara dibawah ini.

Kosongkan Cache

Salah satu solusi jika google play eror, anda bisa membersihkan cache. Sebenarnya cache merupakan lokasi penyimpanan data sementara sehingga membuat google play mampu berjalan cepat tapi juga bisa menimbulkan masalah.
Cara membersihkan cache:
– Silahkan klik menu setting lalu pilih bagian aplikasi.
– Kemudian cari aplikasi play store pada bagian all
– Lalu klik opsi “Empty Cache”
– Kemudian periksalah apakah aplikasi play store anda sudah kembali pulih

Hapus Data

Bila langkah tersebut tak tak membuat play store kembali normal, maka anda bisa melakukan cara berikutnya. Hapuslah seluruh data yang terdapat pada aplikasi Play Store. Kondisi ini akan membuat play store kembali pulih dan cara ini akan menghapus seluruh data yang sudah tersimpan. Cara melakukannya, sama dengan langkah diatas, namun anda harus klik opsi “Delete Data”.

Uninstall Update Play Store

Melakukan Update Google Play Store merupakan hal yang harus anda lakukan. Tapi biasanya ada masalah sehingga membuat play store eror. Anda juga bisa melakukan uninstal update jika beberapa cara diatas kurang efektif dilakukan. Caranya hampir sama dengan cara diatas, tapi kali ini Anda harus klik opsi “Uninstall Updates”.

Baca Juga :   3 Cara Ampuh Mengatasi Google Play Store No Connection Android

Google Play Services

Jika play store masih saja bermasalah, maka cara ini juga bisa anda lakukan untuk membuat google kembali pulih. Cara berikutnya adalah menghapus cache yang ada di aplikasi Google Play Services. Metodenya sama seperti langkah langkah diatas, namun untuk ini, cari aplikasi Google Play Services lalu klik perintah “Empty Cache”.

Aktifkan Download Manager

Google play store yang berhenti bekerja juga bisa disebabkan karena Download Manager tidak aktif. Jadi, anda bisa mencoba mengaktifkan lagi aplikasi ini untuk membuat google play kembali bekerja dengan baik. Caranya adalah klik perintah “Active” pada aplikasi Download Manager. Bila yang ada pada keterangan ternyata tombol “Deactivate”, artinya aplikasi Download Manager tidak mengalami masalah.

Hapus Google Account

Jika cara diatas masih kurang berhasil, maka anda bisa menghapus Google account lalu menambahkannya lagi. Untuk melakukannya, ikuti langkahnya dibawah ini:
– Masuk pada pengaturan
– Selanjutnya pilih menu Account
– Dan pilih Google Account lalu klik perintah remove
– Kemudian restart ponsel Anda
– Lalu masukkan lagi Google Account (caranya masuk pada menu Settings > lalu Accounts > dan klik Add Account > Google).
Dengan begitu, play store anda akan kembali normal dan bisa digunakan untuk download aplikasi.

Lakukan Factory Data Reset

Cara yang berikutnya adalah melakukan Factory Reset. Cara ini biasa dilakukan baik untuk pengguna android maupun untuk perangkat Ios. Dengan cara ini, maka seluruh data akan terhapus layaknya ponsel baru yang tidak ada data sekalipun. Jadi, lakukan backup lebih dulu jika anda melakukan cara ini. Cara melakukan factory reset adalah:
– Masuk pada menu pengaturan
– Lalu klik opsi ‘Backup and Reset’
– Selanjutnya klik opsi ‘Factory Data Reset’.

Baca Juga :   Cara Memesan Tiket Bioskop secara Online dengan Mudah

Edit Hosts File

Bila ponsel anda sudah pernah di root, maka ada cara lain untuk membuat play store bekerja kembali. Caranya ialah mengedit beberapa bagian Hosts file seperti langkah berikut ini:
– Langkah pertama buka aplikasi file manager (Root Explorer), kemudian bukalah folder system/etc/hosts.
– Lalu edit file tersebut dengan menambahkan hashtag (#)di awal baris kedua pada angka yang tertera. Misalnya dibaris kedua angkanya adalah 127.0.0.1 maka dirubah menjadi #127.0.0.1.
– Lalu simpan dan restart ponsel Android Anda
– Kemudian masukkan lagi Google account guna memastikan jika masalahnya sudah berhasil diatasi.
Itulah beberapa setelan google yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah Google Play error. Semoga dengan salah satu cara diatas, masalah play store bisa teratasi. Selamat mencoba.



Cara Mudah Mengatasi Aplikasi Google Play Error “100% WORK”
Rate this post