10 Kelebihan dan Kekurangan HP Nokia 6.1 Plus “Penting Untuk Diketahui”

Posted on
10 Kelebihan dan Kekurangan HP Nokia 6.1 Plus “Penting Untuk Diketahui”
5 (100%) 1 vote





Kelebihan dan Kekurangan HP Nokia 6.1 Plus

Kelebihan dan kekurangan nokia 6.1 Plus – nokia saat ini mulai mengeluarkan produk androidnya dengan berbagai fitur menarik didalamnya. Salah satunya ialah nokia 6.1 plus ini. Beberapa produk nokia sekarang juga mulai mengikuti perkembangan pasar dengan menyematkan fitur menarik seperti pada nokia 8, nokia 7 plus maupun nokia 2. Namun untuk kali ini akan dibahas mengenai kelebihan dan kekurangan nokia 6.1 plus.

Spesifikasi Nokia 6.1 Plus

  • Tanggal rilis: Maret, tahun 2018
  • Resolusi Layar: teknologi IPS LCD resolusi 5.99 inches
  • Resolusi Layar: berukuran 1080 x 2160 pixels dan 18:9 ratio
  • Teknologi Chipset: Tipe Qualcomm SDM636 & Snapdragon 636
  • Tenaga CPU: Tipe Octa-core berkecepatan 1.8 GHz Kryo 260
  • Teknologi GPU: tipe Adreno 509
  • Kapasitas Memori Internal: 64 GB, kapasitas RAM 4 GB
  • Kapasitas Memori Eksternal: mendukung microSD, mencapai 256 GB (menggunakan SIM 2 slot)
  • Teknologi Kamera Belakang: Dual kamera: resolusi 12 MP didukung (f/1.9, 1.4 μm) + dan 5 MP didukung (f/2.0, 1.12 μm) teknologi AI, fitur dual-pixel phase detection autofocus, dan LED flash.
  • Fitur Kamera Depan: beresolusi 13 MP dan teknologi AI, LED flash, serta kecepatan 1080p.
  • Daya Baterai: Non-removable tipe Li-Po berkekuatan 3060 mAh.

Kelebihan Nokia 6.1 Plus

Setelah mengetahui spesifikasinya, berikutnya akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan nokia 6.1 plus.

1. Desain Premium

Nokia memang tidak akan mengecewakan konsumennya. Salah satunya dari fitur bodi yang terlihat menyatukan antara desain bodi milik Nokia 8 yang sangat kokoh dengan desain menawan milik Nokia 7 Plus.

Bodinya terbalut oleh bahan kaca dan di apit oleh aluminium menjadikan ponsel ini tampak seperti ponsel kelas atas. Pola desainnya juga terlihat lebih kekinian karena warnanya yang cenderung mengkilap.

Baca Juga :   Cara Ampuh Root dan Install CWM Lenovo A7000 "TANPA RIBET"

Posisi kamera gandanya terletak vertikal terhadap letak sensor sidik jari yang membuatnya terlihat lebih menarik daripada desain bodi belakang milik Nokia 7.1 Plus.

2. Tampilan Layar yang Baik

Selain bodi belakangnya yang menarik, nokia 6.1 plus juga punya layar menarik. Hal itu karena layar ponsel dibekali oleh teknologi panel IPS full HD+ dan dimensi layar beresolusi 5,8 inci sehingga layarnya terlihat lebih menarik.
Ponsel ini juga punya kerapatan layar ukuran 435 ppi sehingga menampakkan layar lebih tajam dan kaya warna.

Sudut pandangnya juga bagus, karena hadir bezel tipis yang membalut setiap sudut ponsel. Keamanan layar ini cukup bagus karena mengusung layar 2,5D berlapis Gorilla Glass 3 sebagai pelindung dari goresan dan benturan yang terjadi.

3. Performa Tergolong Cukup

Bekal berikutnya adalah tipe Snapdragon 636 dan kapasitas RAM 4 GB. Untuk kebutuhan anda berselancar di dunia maya agar tidak mudah ngelag. Performanya cukup bagus digunakan bermain PUBG Mobile. Nilai Antutu chipset tersebut juga cukup bagus dikelas menengah, yaitu 115.398. Menurut tes performa dari Beebom, diperolehlah jika nokia 6.1 plus mampu memainkan Asphalt 9 pada frame rate 30fps dan kestabilan sampai 89%.

4. USB Type-C port

Kelebihan lainnya ialah hadirnya port USB Type-C yang dapat digunakan untuk kebutuhan transfer data secara lebih cepat dibanding dengan port microUSB.

5. Android OneNokia 6.1 Plus Android One

Seperti kebanyakan ponsel kelas menengah, nokia 6.1 juga mengusung OS Android murni dan tak menggunakan antarmuka yang telah dikostumisasi. Karena Nokia 6.1 Plus dibekali oleh Android 8.1 Oreo.

Ponsel android one adalah sebutan ponsel nokia 6.1 plus ini karena menggunakan system operasi android oreo. Android One merupakan program khusus milik Google bagi merek ponsel yang telah dibekali oleh OS Android murni yang sudah melakukan pembaruan sistem operasi.

Dengan OS Android murni, maka tentunya ponsel tersebut lebih unggul pada system operasinya. Terutama mengenai update dan keamanan yang langsung memperoleh pembaruan dari pihak Google.

Kekurangan Nokia 6.1 Plus

setelah tahu kelebihan yang dimilikinya, kini saatnya anda tahu apa saja kekurangan yang dimiliki oleh nokia 6.1 plus.

1. Kamera Kurang Optimal

Kamera utama ponsel ini sudah tersemat kamera ganda beresolusi 16MP + 5MP yang terletak di bagian belakang. Fitur pendukungnya ialah adanya fitur EIS, PDAF, maupun fitur LED flash. Resolusi kamera tersebut masih tertinggal jika dibandingkan dengan ponsel kelas menengah lainnya.

Baca Juga :   [100% AMPUH] Cara Install 2 BBM dalam 1 HP Android dengan Mudah

Untuk pemotretan di ruang cahaya yang redup, ponsel ini masih kurang optimal. Tapi kamera belakangnya bisa menangkap gambar lebih baik dalam kondisi ruangan cukup cahaya atau ketika siang hari secara detail dan mempunyai dynamic range lebih baik.

Kemudian kamera selfie yang beresolusi 16 MP juga terlihat biasanya dan cukup pas untuk kelas menengah.

2. Mendukung Quick Charge 3.0 dan Daya Tahan Baterai Kurang Oke

Kapasitas baterai ponsel ini berkapasitas 3.060 mAh sehingga mampu bertahan setelah digunakan hingga seharian. Tapi, hanya tahan selama 12 jam tidak lebih. Daya tahannya masih terasa kurang dikelas harga sekelasnya. Tapi keuntungan lainnya karena sudah dibekali oleh Qualcomm Quick Charge 3.0 sehingga dapat mengisi daya hingga 50% hanya dengan waktu 35 menit.

3. Posisi Speaker Kurang Ideal

Speakernya juga masih kurang ideal. Posisinya berada di bagian bawah, yang bersebelahan dengan letak USB Type-C. Posisi tersebut masih kurang ideal sebab bisa tertutup oleh tangan ketika digunakan untuk landscape. Ditambah lagi speaker tersebut hanya satu saja mono.

Tak hanya itu saja, posisi yang tak nyaman tersebut tidak dapat diperbaiki oleh software. Beda dengan kualitas kameranya yang masih dapat ditingkatkan menggunakan pengoptimaan pakai software khusus.

4. Hilangnya NFC

Kekurangan lainnya ialah tidak adanya NFC. Karena kebanyakan ponsel nokia lain yang harganya dibawah ponsel ini sudah dibekali oleh fitur NFC. Sehingga hilangnya fitur tersebut menjadi kekurangan yang cukup fatal dari nokia.

5. Slot Hybrid

Tak hanya itu saja, kekuarangan lainnya ialah tak adanya triple slot. Sehingga ponsel ini Cuma menawarkan dua opsi slot kartu yang bersamaan pada memori internal berkapasitas 64 GB saja. Ataupun memanfaatkan satu kartu yang disematkan untuk persediaan tambahan microSD.

Kesimpulan

Ponsel Nokia 6.1 Plus memang menjadi ponsel menarik karena nilai lebih yang dimilikinya. Jika anda menginginkan ponsel harga 3 jutaan dengan kelebihan diatas, anda bisa memilih nokia 6.1 plus ini.

Itulah pembahasan tentang kelebihan dan kekurangan nokia 6.1 Plus yang bisa dijadikan referensi. Semoga bermanfaat.

Baca juga: