Penyebab Laptop Panas dan Berdebu yang Harus Kamu Tahu

Posted on
Penyebab Laptop Panas dan Berdebu yang Harus Kamu Tahu
2.2 (43.33%) 6 vote[s]




Penyebab Laptop Panas dan Berdebu yang Harus Kamu Tahu

www.gaptech.co.id – Bagi pengguna perangkat elektronik tentu pernah mengalami overheat atau kondisi panas berlebih pada perngkat elektronik yang digunakan. Kondisi ini selain menyebalkan ternyata juga bisa berbahaya karena bisa merusak hardware.

Laptop yang overheat ini bisa disebabkan karena baik dari diri sendiri yang kurang rajin merawat laptop maupun faktor dari luar yaitu seperti debu dan kotoran,  Banyak orang menganggap sepele ketika laptop panas dan berdebu. Padahal keadaan laptop yang panas dan terlalu berdebu bisa berbahaya dan bisa membuat laptop cepat rusak.

Kondisi seperti ini sudah semestinya kita hindari dengan lebih memperhatikan laptop yang kita gunakan. Banyak orang baru menyadari kesalahan mereka setelah laptop mengalami kerusakan. Untuk menghindari hal ini ada baiknya untuk mengetahui apa penyebab laptop panas dan berdebu yang bisa berbahaya dan merusak laptop berikut ini.

Penyebab Laptop Panas Dan Berdebu

1. Penyebab Laptop Panas Karena Menggunakan Laptop Berjam-jam

Tak dapat dipungkiri, kebutuhan menggunakan laptop untuk belajar ataupun untuk pekerjaan terkadang memang memakan waktu hingga berjam-jam. Padahal menggunakan laptop berjam-jam merupakan salah stau penyebab laptop menjadi panas dan berdebu.

Meskipun kebutuhan memaksa kita menggunakan laptop dalam waktu yang ckup lama tetap seharusnya kita memberikan waktu istirahat untuk laptop. Jika memungkinkan saat baterai laptop telah habis maka sembari mengecas sebaiknya jangan gunakan laptop. Ini untuk menghindari laptop cepat panas dan cepat rusak.

Baca Juga :   3 Cara Menghilangkan Virus Shortcut Secara Total "Tanpa Anti Virus"

2. Meletakkan Laptop Di Atas Kasur Atau Bantal Tanpa Alas

Penyebab satu ini bahkan banyak dilakukan orang. meletakkan laptop di atas kasur ataupun bantal tanpa alas bisa membuat laptop cepat rusak. Hal ini karena sirkulasi udara pada laptop menjadi tidak lancar dan bahkan terhambat. Udara yang tidak dapat keluar akan kembali masuk ke dalam laptop yang akan emmbuat komponennya menjadi sangat panas.

3. Penyebab Laptop Panas Karena Jarang Membersihkan Laptop

Kebiasaan malas membersihkan laptop ternyata juga bisa menjadi penyebab laptop cepat panas. Laptop yang tidak rutin dibersihkan maka kotoran dan debu akan dengan mudah menempel dan menghambat kinerja laptop. Untuk menjaga agar laptop tidak berdebu maka rutinlah untuk membersihkan komponennya seperti LCD, Keyboard dan bagian sirkulasi udara.

4. Langsung Menutup Laptop Saat Masih Panas

Ada baiknya setelah menggunakan laptop yang masih terasa panas sebaiknya jangan langsung ditutup. Biarkan laptop mati dengan keadaan masih terbuka. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan udara panas setelah pemakaian. Jika laptop sudah terasa dingin barulah boleh menutupnya.

5. Penyebab Laptop Panas Karena Kurang Memperhatikan Komponen-komponen Pada Laptop

Selain penyebab di atas ketidakpedulian terhadap laptop itu sendiri juga menjadi faktor penyebab umum kebanyak orang. Sudah semestinya kita peduli dan berhati-hati dalam menjaga barang miliki kita sendiri.

Mulailah sadari untuk mencermati beberapa hal sepetti ventilasi serta pendingin pada laptop, memperhatikan thermal pasta agar tak mengering, membersihkan cooling pad dan mulailah menggunakan aksesoris tambahan sebagai pendingin laptop. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut maka kemungkinan laptop rusak bisa diminimalisir dengan baik.

Bahaya Laptop Panas Dan Berdebu

Ketidakpedulian yang disebabkan karena faktor-faktor di atas jika tidak segera diminimalisir maka akan berbahaya pada laptop itu sendiri. Bahaya laptop panas dan berdebu bisa menyebabkan kerusakan pada hardware yang bisa menghambat penggunaan laptop. Jika ini sudah terjadi maka Anda sendiri yang akan merasa rugi.

Baca Juga :   Penyebab Laptop Panas dan Berdebu yang Harus Anda Ketahui

Debu memang partikel ringan yang kadang jarang terlihat. Namun jika dibiarkan lama kelamaan akan menimbun dan bersarang di dalam laptop. Bagi pemilik laptop dengan bdy paten tentu akan kesulitan untuk membersihkannya karena sulit untuk dibuka. Jika sudah demikian maka kemungkinan laptop mengalami overheat cukup besar.

Overheat memang kondisi yang umum dialami pada semua perangkat elektronik. Meskipun begitu hal ini tidak dapat disepelkan. Jika dibiarkan ini akan mengganggu bagian prosesor. Hal ini bisa menyebabkan suhu prosesor menjadi tinggi dengan waktu yang cepat.

Apabila ini terjadi maka prosesor akan memberikan sinyal kepada sistem untuk mematikan diri sendiri untuk mengindari overheat lebih buruk. Apabila kondisi ini tetap dibiarkan maka akan terus merambah dan menyebabkan kerusakan hingga ke hardware lainnya seperti RAM dan HardDisk.

Bagaimana Solusinya?

Solusi yang paling utama sebelum hal ini terjadi pada Anda yaitu dengan menghindari berbagai kemungkinan atau penyebab yang bisa membuat laptop cepat panas. Dengan menyadari hal tersebut maka Anda bisa memiliki laptop yang awet dan prima.

Namun jika Anda merasa laptop Anda perlu dibersihkan, Anda bisa menggunakan alat bantu berupa compressed air atau kaleng udara. Alat ini bisa digunakan untuk mengeluarkan debu di sela-sela bagian laptop. Perlu diperhatikan juga pemakaiannya karena jika terlalu kencang bisa merusak bagian dinamo.

Rutinlah membersihkan ventilasi udara dari debu dan kotoran agar laptop terhindar dari kerusakan dan bahaya yang tidak diinginkan. Semoga informasi mengenai penyebab laptop panas dan berdebu ini bermanfaat dan membantu. Terima kasih.