Penyebab Laptop Panas dan Berdebu yang Harus Anda Ketahui

Posted on
Penyebab Laptop Panas dan Berdebu yang Harus Anda Ketahui
3.1 (62.5%) 8 vote[s]




Penyebab Laptop Panas dan Berdebu yang Harus Anda Ketahui

www.gaptech.co.id – Untuk pengguna perangkat elektronik yang pernah mengalami panas berlebih atau kondisi panas berlebih pada perangkat elektronik yang digunakan. Kondisi ini tidak hanya mengganggu tetapi juga bisa berbahaya karena dapat merusak perangkat keras.

Laptop yang kepanasan ini bisa disebabkan karena bagus dari diri Anda yang kurang rajin merawat laptop dan faktor luar seperti debu dan kotoran. Banyak orang menganggap laptop itu panas dan berdebu. Sedangkan laptop yang panas dan terlalu berdebu bisa berbahaya dan bisa membuat laptop cepat rusak.

Kondisi seperti ini harus dihindari dengan lebih memperhatikan laptop yang kita gunakan. Banyak orang baru menyelesaikan masalah setelah laptop rusak. Untuk menghindari hal ini perlu tahu apa yang menyebabkan laptop panas dan berdebu yang dapat berbahaya dan merusak laptop berikut.

Penyebab Laptop Panas dan Berdebu

1. Penyebab Laptop Panas Karena Menggunakan Jam Laptop

Tak pelak lagi, kebutuhan untuk menggunakan laptop untuk belajar atau melakukannya benar-benar membutuhkan waktu hingga berjam-jam. Sedangkan menggunakan laptop berjam-jam adalah laptop yang panas dan berdebu.

Meskipun kami membutuhkan bantuan untuk menggunakan laptop untuk waktu yang lama, kami masih menyediakan waktu istirahat untuk laptop. Jika memungkinkan saat baterai laptop habis sementara tidak meminta laptop. Ini untuk menghindari laptop cepat panas dan cepat rusak.

Baca Juga :   Cara Reset Password Windows 8 Tanpa Software Tambahan

2. Tempatkan Laptop di Kasur atau Bantalan Tanpa Alas

Penyebab yang satu ini jarang dilakukan oleh orang. Meletakkan laptop di atas kasur atau bantal tanpa alas dapat membuat laptop cepat rusak. Ini karena sirkulasi udara di laptop tidak lancar dan terhambat. Udara yang tidak bisa keluar akan kembali ke laptop yang akan membuat komponennya sangat panas.

3. Penyebab Hot Laptop Karena Jarang Membersihkan Laptop Anda

Kebiasaan malas laptop juga bisa menjadi laptop panas cepat. Laptop yang tidak dibersihkan secara rutin akan dengan mudah menempel dan memblokir laptop. Untuk menjaga laptop tidak berdebu, adalah rutin untuk membersihkan komponen-komponen seperti LCD, Keyboard dan sirkulasi udara.

4. Laptop Langsung Menutup Ketika Masih Panas

Ada yang disetujui setelah menggunakan laptop yang masih terasa panas disetujui, jangan langsung menutupnya. Biarkan laptop mati dengan kondisi masih terbuka. Ini perlu dilakukan untuk menghindari udara panas setelah digunakan. Jika laptop terasa dingin maka bisa ditutup.

5. Penyebab Laptop Panas Karena Kurang Memperhatikan Komponen Laptop

Selain penyebab di atas, ketidakakuratan laptop itu sendiri juga merupakan faktor umum pada banyak orang. Kita harus peduli dan berhati-hati dalam menjaga barang-barang kita sendiri.

Mulailah melihat beberapa hal seperti laptop, perhatikan pasta termal agar tidak mengering, bersihkan cooling pad dan mulailah menggunakan aksesori tambahan sebagai pendingin laptop. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, mengingat laptop yang rusak dapat diminimalkan dengan baik.

Bahaya Laptop Panas dan Berdebu

Ketidakpedulian yang menyebabkan faktor-faktor di atas jika tidak segera diminimalkan akan berbahaya pada laptop itu sendiri. Laptop yang panas dan berdebu dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat keras yang dapat menghambat penggunaan laptop. Jika ini terjadi, Anda akan menderita kerugian sendiri.

Baca Juga :   Cara Memberi Password Pada Flashdisk Tanpa Software

Debu memang partikel ringan. Tetapi jika dibiarkan, itu akan menimbun dan bersarang di dalam laptop. Bagi pemilik laptop dengan paten bdy, tentu akan sulit dibersihkan karena sulit dibuka. Jika sudah begitu, maka lepaskan laptop dari overheating yang cukup besar.

Terlalu panas memang kondisi umum untuk semua perangkat elektronik. Namun ini tidak bisa diremehkan. Jika dibiarkan tidak dicentang, bagian prosesor akan dilepaskan. Ini dapat menyebabkan prosesor menjadi tinggi dengan waktu yang cepat.

Jika ini terjadi, prosesor akan memberi sinyal ke sistem untuk mematikannya sendiri untuk menghindari panas yang lebih buruk. Jika kondisi ini tetap dibiarkan, itu akan terus menembus dan menyebabkan kerusakan pada perangkat keras lain seperti RAM dan Hard Disk.

Baca juga tentang:

Apa solusinya?

Solusi terpenting sebelum ini terjadi pada Anda adalah mengalahkan yang dapat membuat laptop cepat panas. Dengan menyadari hal ini, Anda dapat memiliki laptop yang tahan lama dan bagus.

Tetapi jika Anda ingin laptop Anda perlu dibersihkan, Anda dapat menggunakan alat dalam bentuk udara terkompresi atau kaleng udara. Alat ini dapat digunakan untuk menghilangkan debu di antara bagian-bagian laptop. Juga pertimbangkan penggunaannya karena jika perlu ketat dapat merusak dinamo.

Ventilasi keselamatan rutin dari debu dan kotoran sehingga laptop terlindung dari kerusakan dan bahaya yang tidak diinginkan. Semoga informasi tentang penyebab laptop panas dan berdebu ini bermanfaat dan bermanfaat. Terima kasih.