Peran Website dalam Bisnis Online

Posted on
Peran Website dalam Bisnis Online
3.2 (64.44%) 63 vote[s]




Peran Website dalam Bisnis Online

Fungsi website – Website merupakan salah satu alat penunjang media mendapatkan informasi dan promosi di dunia internet, antara lain : Personal, Profil sekolah, Profil perusahaan, berita terkini, berita pendidikan, bisnis, dan semua hal yang dibutuhkan manusia bisa diakses melalui internet. Dengan website kita akan mudah mendapatkan dan menyebarkan informasi yang kita butuhkan.

Perkembangan Internet yang dikutip dari Bill Gates, Chairman of Microsoft Corp, menyatakan bahwa “Internet akan menyapu kita semua seperti sebuah gelombang pasang yang menenggelamkan setiap orang yang dilewatinya dan mereka yang tidak siap hidup dalam sebuah masyarakat informasi. Mungkin interaktifitas tidak ada batasnya yang ditawarkan oleh internet kepada manusia yang menjadikan internet tersosialisasi dengan quantum (secara sangat cepat).

Definisi dari website ialah suatu halaman web yang saling berkaitan dan pada umumnya berisikan kumpulan informasi yang menyediakan secara perorangan, kelompok, ataupun organisasi. Sebelum kamu membuat website seharusnya kalian harus mengetahui untuk apa pembuatan website tersebut.
Setidaknya terdapat beberapa fungsi website yang selama ini dibuat, antara lain:

1. Informatif

Salah satu fungsi website untuk diterapkan oleh semua pemilik website ialah sebagai sarana dalam menyebarkan informasi pada publik. Website dimanfaatkan sebagai menyampaikan suatu hal yang akan mengedukasi para audiens mengenai suatu topik tertentu. Seperti berita, tips dan trik, tutorial, pengumuman, informasi pendukung, dan lain sebagainya.

2. Hiburan

Fungsi website lainnya ialah menyampaikan sebuah konten hiburan pada para audiens. Beberapa di antaranya ialah majalah online, berita online, atau kabar mengenai selebriti, seni, humor, musik, film, dan masih banyak lagi.
Website ini didesain supaya lebih mudah untuk dinavigasi dan selalu terupdate dengan tujuan supaya para audiens terus kembali untuk mendapatkan informasi terbaru. Selain itu, website dengan fungsi hiburan ini dirancang agar semakin menarik perhatian dengan menambahkan konten dinamis lainnya antara lain video, podcast, slideshow dan lain sebagainya.

Baca Juga :   [UPDATE] 6 Aplikasi TV Android Tanpa Internet Terbaik

3. e-Commerce (Toko Online)

Fungsi dan tujuan pada website e-commerce ialah untuk menjual produk ataupun jasa terhadap para audiens dan target pelanggan.
Website yang sukses mereka mendapatkan penjualan tinggi dan umumnya telah dioptimasi serta didukung oleh fitur tertentu misalnya payment gateway. Selain itu, teknik dari penjualan dan pemasaran online yang efektif diperlukan untuk menarik minat para audiens agar melakukan transaksi.
Terdapat elemen yang harus diperhatikan dalam menghasilkan website e-commerce yang efektif. Misalnya yaitu proses transaksi yang mudah, tampilan dari website yang atraktif, produk terpopuler dan berguna, penawaran terbaik bagi pelanggan, pilihan pembayaran yang bervariasi, website yang bisa mobile friendly dan masih banyak lagi.

4. Layanan Jasa

Fungsi website ini menyediakan layanan jasa yaitu untuk meyakinkan audiens supaya mereka mau menggunakan jasa yang telah ditawarkan dan menjadi pelanggan. Website developer harus dirancang dan didesain website dengan menunjukkan bahwa perusahaan atau organisasi terkait dapat dipercaya dan diandalkan serta berpengalaman terhadap memberikan pelayanan.
Audiens akan terlebih dulu mencari sebuah informasi mengenai layanan jasa yang dilakukan perusahaan/organisasi yang terkait melalui review dari orang lain sebelum mengambil keputusan. Selama proses ini mereka harus menentukan dan memilih perusahaan/organisasi yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan.

Pada dasarnya para audiens ingin memastikan seperti apa sih kualitas yang akan didapat, dan penilaian reputasinya sampai apa saja pengalaman terkait perusahaan/organisasi. Untuk membantu para audiens, sebaiknya website melengkapi dengan informasi serta artikel yang mendemonstrasikan tentang hal-hal tersebut di atas termasuk seperti portofolio, video, testimonial dan lainnya.

5. Blog

Fungsi blog ialah untuk melengkapi website dengan sebuah konten terbaru supaya selalu update. Blog biasanya dikerjakan atau diurus secara baik oleh individu maupun tim sehingga bisa menghasilkan berbagai macam jenis konten.
Blog dapat dibuat dengan mudah bahkan gratis sebab banyak penyedia layanan ini. Terdapat banyak blog profesional yang mempunyai banyak pembaca sebab kontennya yang menarik dan juga berkualitas.
Blog mempunyai banyak manfaat bagi bisnis selain dapat berfungsi untuk menghibur atau dijadikan sebagai jurnal online oleh seseorang atau perusahaan untuk terus memberikan sebuah informasi terbaru kepada audiens.

Baca Juga :   [UPDATE] Cara Pinjam Pulsa XL Dengan Mudah

6. Media Sosial

Website yang mempunyai fungsi sebagai media sosial tujuannya adalah untuk mempermudah individu atau perusahaan serta organisasi dalam sharing konten serta informasi dengan teman, keluarga, rekan kerja dan para audiens termasuk target pelanggan.
Website media sosial akan mempermudah jaringan koneksi dan komunikasi terhadap pihak lainnya. Perusahaan yang menggunakan sebuah website media sosial dapat membangun hubungan langsung dengan pelanggan jadi bisa untuk lebih mudah mendapat feedback.

Situs website bisa dijadikan sarana transaksi dalam berbisnis, baik barang, jasa, ataupun lainnya. Situs web ini menghubungkan sebuah perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui sebuah transaksi elektronik. Pembayarannya dapat menggunakan kartu kredit, transfer, ataupun dengan membayar secara langsung. Selain itu, website merupakan salah satu dari indikator kredibilitas dan prestige untuk personal, lembaga pendidikan, perusahaan, dan lain sebagainya.

Dengan mempunyai website, seseorang, sekolah, dan perusahaan, ataupun lembaga lainnya akan mudah dikenal di seluruh Indonesia, bahkan pada dunia. Terdapat banyak sekali jenis website yang dapat kamu temukan dan semuanya mempunyai fungsi tersendiri tergantung tujuan apa yang ingin kalian capai. Beberapa fungsi website dalam menjalankan bisnis dengan menjual produk ataupun jasa, sementara website lainnya akan dibuat untuk menyebarkan sebuah informasi ataupun menjelaskan profil seseorang atau perusahaan.

Baca juga: