Tips Membeli Dan Memilih Modem Router

Posted on




Tips Membeli Dan Memilih Modem Router

www.gaptech.co.id – Memang pada zaman sekarang sangat membutuhkan yang namanya akses internet. Banyak juga cara agar kita bisa akses internet, cara nya bisa juga bermacam macam. Anda bisa membeli paket internet pada smartphone anda, menggunakan modem untuk mengakses internet, memasang wifi yang memiliki wireless.

Jika anda berbicara tentang yang namanya jaringan wireless, anda akan mendapat banyak nama perangkat. Dan perangkat perangkat tersebut adalah poin poin yang harus anda penuhi jika anda ingin menggunakan jaringan wifi atau wireless. Sebut saja contohnya router. Router ini sangat berperan penting bagi penggabungan sebuah jaringan. Bagi yang belum tahu apa itu router, mari saya jelaskan secara singkat.

Apa Itu Router ?

Router adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI.

Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).

Sebagai ilustrasi perbedaan fungsi dari router dan switch merupakan suatu jalanan, dan router merupakan penghubung antar jalan. Masing-masing rumah berada pada jalan yang memiliki alamat dalam suatu urutan tertentu. Dengan cara yang sama, switch menghubungkan berbagai macam alat, dimana masing-masing alat memiliki alamat IP sendiri pada sebuah LAN.

Secara ringkas nya, router adalah alat ataupun perangkat yang dapat menghubungkan dua segmen jaringan yang berbeda. Bagaimana sudah mengerti ? Jelas yang namanya jaringan harus memiliki router agar jaringan yang berbeda bisa menjadi satu.

Baca Juga :   Cara Unlock Modem Telkomsel Flash Huawei Semua Tipe atau Merk

Lalu bagaimana cara atau tips membeli dan memilih modem router secara baik ? berikut adalah tips nya.

Yang harus anda perhatikan adalah anda harus mengetahui atau memiliki tujuan apa yang anda butuhkan untuk membangun sebuah jaringan. Jika anda akan membangun jaringan yang akan anda gunakan untuk aktifitas manusiawi anda seperti bermain game, streaming, dan lainya saya sarankan anda untuk membeli atau memilih router yang memiliki kualitas tinggi, agar dikemudian hari anda tidak menyesal.

Selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah dana anda untuk membeli sebuah perangkat router. Ini juga penting bagi anda untuk membeli router. Sebelum membeli ke toko, anda harus mengetahui kisaran harga dari router yang anda inginkan.

Jika dana anda masih setengah dari router yang anda inginkan, anda harus menabung lebih giat lagi, dan usahakan jangan terpancing oleh penawaran yang biasanya diumumkan oleh toko yang menyediakan router, karena sama saja itu bisa membuat anda tergesa gesa untuk membeli padahal router yang diumumkan tidak anda inginkan.

Kecepatan akses router juga harus anda perhatikan untuk membeli router. Biasanya ini juga tergantung berapa dana atau modal anda untuk membeli router tersebut. Dan ini juga masih kembali pada tips pertama yaitu alasan anda untuk membeli atau memilih router tersebut.

Selanjutnya adalah keamanan dari router tersebut. Banyak sekali router saaat ini yang mudah di retas sandinya oleh para pengguna smartphone. Beberapa aplikasi dapat membantu mereka dalam meretas jaringan router anda. Usahakan, jika membeli atau memilih router, pilihlah router yang sudah mendukung banyak macam keamanan, misalnya WPA dan lebih tinggi lagi. Karena untuk keamanan WPS sangat mudah untuk diretas.

Untuk merk, usahakan cari merk yang sudah banyak dipakai dan juga tentunya berkualitas. Beberapa merk router terkenal adalah Tenda, D-Link, TP-Link,Prolink, dan lain sebagainya. Mengapa saya merekomendasikan beberapa merk tersebut ? Karena selain sudah terkenal, beberapa merk tersebut sudah terpercaya dan juga diantaranya sudah mendukung keamanan yang bermacam macam.

Baca Juga :   12 Aplikasi Wajib Android Dan Terbaik 2015

Jarak wireless router anda juga harus diperhatikan saat membelinya. Ada cukup banyak standart nirkabel yang bisa Anda pilih, Anda bisa mempertimbangkan komputer yang telah Anda beli denngan kebutuhan wireless. Beberapa standart nirkabel diantaranya 802.11a, 802.11b dan juga 802.11ac. Untuk kecepatan networking yang maksimal, Anda bisa memililih standart 802.11ac.

USB Port juga perlu anda perhatikan. Pasalnya router dengan USB Port memungkinkan Anda memasang flash drive, hard disk dan bahkan printer, sehingga Anda bisa berbagi berbagai sumber daya secara nirkabel melalui jaringan.

Proses instalasi dan juga penggunaanya juga harus anda kuasai sebelum membelinya. Usahakan anda sudah mengerti tentang bagaimana cara konfigurasi, cara setting IP Address, cara mengubah macam keamanan wireless, memblokir pengguna, dan juga mempercepat kecepatan akses internet. Minimal itu yang harus anda kuasai.

Baca juga tentang:

Jarak terima access point. Ini mungkin tidak terlalu penting, karena sekarang router sudah memakai modem untuk mendapatkan akses internet. Jika anda membeli router yang ingin anda gunakan untuk misalnya menembak jaringan access point, anda harus lebih jeli dalam membaca spesifikasi. Biasanya, beberapa router tidak mendukung sebagai penerima access point.

Mungkin beberapa tips diatas bisa bermanfaat bagi para pembacanya, dan jangan lupa untuk mempertimbangkan beberapa hal diatas ketika anda ingin membeli sebuah router.