Tips Membeli Komputer Bekas yang Masih Berkualitas Bagus

Posted on




Tips Membeli Komputer Bekas yang Masih Berkualitas Bagus

www.gaptech.co.id – Perangkat komputer yang harganya mulai naik seiring perkembangan zaman membuat para pengguna komputer dengan keterbatasan biaya lebih memilih untuk membeli komputer bekas atau yang biasa disebut second. Tentu semua pasti tahu, kalau barang bekas atau second resiko kerusakan nya lebih tinggi dibandingkan barang baru.

Namun teori tersebut tidak selamanya berlaku. Kita bisa memilih barang bekas yang masih berkualitas bagus, sebut saja barang itu adalah Komputer. Memilih komputer bekas yang masih berkualitas bagus tentu tidak mudah. Kita harus mempertimbangkan beberapa hal yang harus diperhatikan.

Misalnya saja, saat kita membeli sebuah RAM (Random Access Memory) komputer dengan kondisi bekas. Kita harus wajib tahu spesifikasi RAM tersebut apakah cocok dengan socket RAM di motherboard komputer kita atau tidak.

Kalau kita langsung membeli tanpa mempertimbangkan hal hal tersebut, pastinya kita harus menerima resiko jika suatu saat komputer kita akan mengalami masalah karena ketidakcocokan tersebut. Itu adalah salah satu contoh pentingnya memperhatikan spesifikasi perangkatnya.

Ini dilakukan sebelum membeli sebuah perangkat tersebut. Untuk itu, pada artikel ini Dewailmu akan memberikan referensi bagi para pengguna komputer yang ingin membeli komputer bekas, dan tentu yang masih berkualitas bagus.

Tips Membeli Komputer Bekas Yang Masih Berkualitas Bagus

1. Berkonsultasi Dengan Orang Terdekat Yang Sudah Ahli

Tips membeli komputer bekas yang pertama adalah kita harus berkonsultasi dengan orang terdekat kita yang sudah lebih paham daripada kita. Karena apa?, sebab komputer memiliki beberapa komponen yang beragam jenis dan versinya. Jika kita berkonsultasi dengan orang yang lebih paham, pasti sangat membantu kita.

Baca Juga :   Kelebihan Windows 10 Yang Harus Kamu Tahu!

Tapi jika kita merasa sudah paham dan yakin dengan apa yang kita ketahui, tidak ada salahnya juga untuk mencoba. Saran dari saya, cobalah untuk berkonsultasi dengan orang yang lebih paham, dengan tujuan agar menghindari tingkat kerusakan yang lebih tinggi.

2. Menanyakan Garansi Komputer

Untuk cara yang kedua ini bisa dilakukan jika anda membeli komputer pada sebuah toko. Tanyakan apakah ada garansi dan kemungkinan uang kembali. Biasanya toko yang baik akan memberikan sebuah garansi minimal 2 minggu untuk pembelian sebuah perangkat komputer atau hardware bekas. Tips ini sangat penting jika kita akan menjual kembali komputer yang kita beli tersebut.

Sebab, garansi merupakan salah satu jaminan yang menandakan toko tersebut bersedia bertanggung jawab jika barang yang sudah terjual mengalami masalah. Saran dari saya, pastikan atau tanyakan apakah ada garansi dan apakah bisa kemungkinan uang kembali jika suatu saat komponen tersebut tidak sesuai.

3. Lakukan Pengecekan Pada Komponen

Cara yang ketiga adalah kita harus melakukan pengecekan terhadap komponen yang berada didalam casing komputer tersebut. Misalnya saja komponen tersebut adalah Harddisk. Hardware ini merupaakan salah satu komponen yang paling rentan rusak. Untuk pengecekan nya, bisa dengan melihat kondisi dari harddisk tersebut.

Jika masih bagus, tentu bisa kita lanjutkan untuk memeriksa komponen berikutnya. Tapi, jika dilihat hardware tersebut sudah tidak bagus lagi dan ditambah bunyi yang dihasilkan ketika awal booting komputer, maka harus kita pertimbangkan lagi untuk memilih komputer tersebut.

Saran dari saya yaitu lakukan pengecekan secara teliti. Biasanya jika kita membeli dengan cara COD atau bahasa sekarangnya Ketemuan, kita harus memanfaatkan waktu yang diberikan si penjual tersebut. Kita bisa mengecek kecepatan dari komputer tersebut dengan cara menggunakannya untuk browsing, untuk memutar video, dan lain sebagainya.

Baca Juga :   Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

4. Periksa Spesifikasi Dengan Jeli

Tips yang keempat ini adalah kita harus dengan jeli memeriksa spesifikasi dari komputer yang akan kita beli. Pastikan semua hardware yang terpasang sudah sesuai, jangan sampai terdapat komponen yang tidak sesuai, entah itu terlalu tinggi spesifikasi nya atau terlalu rendah.

Karena jika itu kita biarkan, komputer kita akan bermasalah. Rata rata komputer yang bermasalah karena ketidakcocokan hardware adalah overhead, dan lain lain. Saran saya untuk lebih jeli lagi mengecek spesifikasi komputer yang akan kita beli.

Baca juga tentang:

5. Periksa Komponen Output

Tips yang terakhir ini bisa dikatakan penting, dan juga bisa dikatakan tidak. Karena beberapa orang membeli komputer dengan tujuan masing masing. Cara ini yaitu kita harus mengecek komponen output dari komputer tersebut. Misalnya, jika komputer tersebut terdapat sound nya kita bisa mengecek suara nya, bisa juga dengan mengecek hasil tampilan di layar monitor, dan lain sebagainya.

Oke, itulah beberapa tips membeli komputer bekas dengan baik dan benar. Semoga beberapa tips diatas dapat membantu teman teman jika ingin membeli komputer bekas atau second yang masih berkualitas bagus. Terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa berkunjung kembali.