Tips Membuat Blur Background Menggunakan Photosop “100% WORK”

Posted on
Tips Membuat Blur Background Menggunakan Photosop “100% WORK”
2.4 (48.57%) 21 vote[s]





Tips Membuat Blur Background Menggunakan Photosop “100% WORK”

Membuat blur di photosop – Saat ini terdapat banyak macam efek kamera, tidak hanya kamera dslr yang canggih. Saat ini pun hp android bisa digunakan untuk berfoto-foto dengan bermacam efek menarik lainya. Begitu pula juga computer/ laptop, terdapat banyak sekali aplikasi-aplikasi untuk mengedit foto dengan memberikan berbagai efek. Salah satunya adalah membuat blur di photosop.

Adobe Photoshop ialah salah satu aplikasi untuk mengolah gambar (image editing) yang sudah terkenal dan banyak digunakan. Sebagai sebuah aplikasi pengolah gambar, sudah tentu Adobe Photoshop dilengkapi dengan macam macam fitur atau tool yang canggih untuk tujuan tertentu. Salah satu profesi yang dapat memanfaatkan hampir seluruh fitur atau tool yang terdapat di Adobe Photoshop merupakan Design Grafis Profesional. Tetapi untuk pengguna biasa, secara umum akan mempelajarinya dan menggunakan bagian-bagian fitur atau beberapa tool tertentu yang dibutuhkan saja.

Sebagai seorang blogger, kamu tentunya secara rutin akan membikin artikel atau postingan untuk blog yang kamu kelola. Pada umumnya artikel kamu akan diberi gambar, dan gambar di dalam artikel bisa memberi kekuatan dalam isi artikel yang dibuat. Gambar ini akan menambah tampilan visual artikel sehingga menjadi lebih baik dan terlihat menarik. Sebuah artikel yang indah akan kehilangan daya tariknya saat hanya berisi teks saja. Tentu kamu sendiri akan menjadi kurang tertarik saat artikel hanya berupa teks saja.

Didalam Artikel blog yang disertai gambar bisa bersifat umum, jadi dapat ditampilkan apa adanya, tetapi ada juga gambar yang harus diedit terlebih dulu. Seperti contoh, gambar yang harus diedit saat area tertentu dari gambar menampilkan atau memberi sebuah informasi yang sensitif atau juga informasi yang tidak seharusnya dipertonton oleh pembaca artikel. Bisa juga kamu diminta perlu fokus pada area tertentu dari gambar tersebut.

Baca Juga :   5 Cara Mudah Membuat Gambar Pecah Menjadi HD "100% WORK"

Cara yang sangat umum dilakukan untuk edit gambar yang disertakan pada artikel blog adalah dengan cara membuat efek blur. Efek blur ini akan membuat area tertentu pada gambar menjadi samar atau juga tidak terlihat jelas. Nah, disinilah fungsi dari aplikasi pengolah gambar yang mempunyai fitur blur seperti Adobe Photoshop berperan.

Setiap photoshop mempunyai versi yang berbeda, tentu saja fiturnya pun berbeda. Yang paling saya sukai yaitu adobe photoshop CC tahun 2015 keatas, karena bila kita memakai CC pasti jauh lebih baik dalam hal fitur. Kalau untuk CS ini saya sarankan untuk memakai yang CS6 saja, jangan lebih rendah dari cs6, kalau kita memakainya dibawah cs6 fiturnya masih banyak sekali yang kurang.
Di dalam membuat efek blur, disini saya akan memberikan contohnya dengan menggunakan photoshop cs6, bila kalian beda versi jangan khawatir sebab semua versi dapat kita lakukan. Photoshop Semua Versi cs3, cs4, cs5, cs6, cc2015 dan lain sebagainya bisa kita terapkan untuk membuat efek blur.

Saat menjalankan aplikasi ini, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan. Yaitu dalam memilih tool yang sesuai untuk menyeleksi pada area tertentu dari gambar. Terdapat cukup banyak selection tools di Adobe Photoshop yang bisa digunakan. Kamu perlu mempertimbangkan pemilihan tool untuk menyesuaikan dengan bentuk pada area yang akan diseleksi. Kamu bisa menggunakan Magic Wand Tool, Lasso Tool, Quick Selection Tool dan Marquee Tool atau dengan menggunakan teknik seleksi lainnya. Nah disini saya akan membahas 2 cara yang dapat kamu terapkan, dan langsung saja simak pembahasannya secara baik dibawah ini. Berikut 2 cara yang dapat kamu ikuti, antara lain :

1. Menggunakan Rectangular Marguee Tools

Langkah – langkahnya adalah :

  • Silahkan pertama kalian open atau drag foto yang ingin kalian blur menggunakan software photoshop.
  • Selanjutnya kalian klik Layer pada objek yang akan diblur, lalu Rectangular Marquee Tools yang kotak, dan next kalian tekan klik kiri pada mouse di objek yang ingin diblur
  • Lalu kalian memilih Filter – Blur – Gaussian Blur.
  • Setelah selesai jangan lupa kamu Centang di bagian Preview, dan tinggal atur deh blurnya (bisa semakin besar radiusnya, dan bisa juga semakin buram), kemudian tinggal klik OK bila sudah cocok.
  • Sesudah memencet tombol Ok, nanti masih terdapat efek Rectangular Marque Tools, agar bisa hilang kamu dapat memencet tombol Ctrl + D pada keyboard kamu.
  • Dan selesai deh.
Baca Juga :   Cara Cek Data E-KTP Online Paling Mudah

2. Menggunakan Pen Tools

Langkah – langkahnya adalah :

  • Pertama kalian open atau drag foto yang kalian inggin diblur ke photoshop.
  • Selanjutnya kamu pilih Layer di objek yang ingin diblur, lalu pilih Pen Tools, dan jangan lupa pilih mode Shape.
  • Sesudah itu tinggal kamu seleksi saja pada objek yang akan diblur,
  • Nah langkah selanjutnya, ini kamu bisa pilih Filter – Blur – Gaussian Blur. Dan selebihnya juga kamu lihat lagi pada metode pertama sebab sudah saya jelaskan cara memakai gaussian blurnya.
  • Dan selesai deh.

Mungkin bagi kalian yang mempunyai camera DSLR canggih, membuat foto dengan sebuah efek blur pada background bukanlah suatu perkara yang sulit. Karena memang kamera ini mendukung pembuatan efek blur di background foto yang dihasilkan. Namun bagi yang hanya mempunyai kamera saku, yang pas-pasan untuk membuat efek blur tidak semudah itu. Nah, untuk mensiasati hal itu dalam artikel ini dibahas cara membuat blur di photosop. Kalian bisa menggunakan aplikasi adobe photoshop tersebut sebagai trik dalam membuat efek blur di background foto.

Baca juga: